spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Pengamat Politik Unpad: Asyik Harua Sering Sapa Warga Pantura

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Jabar nomor urut tiga Sudrajat-Akhmad Syaikhu (Asyik) harus sering turun menyapa warga di  Pantura.

    Terlebih Asyik telah menargetkan suara 50 persen di Pantura.

    Pengamat Politik dari Unpad Firman Manan mengatakan, secara psikologis Asyik diuntungkan karena Syaikhu menjadi sosok yang mewakili masyarakat Pantura.

    Meski tidak terlalu signifikan, hubungan identitas akan memberikan keuntungan lain.

    “Kandidat ini harus rajin menyapa, berkomunikasi, menarik simpati. Dan tentuny harus ada tawaran solusi kepada masyarakat,” kata Firman, Selasa (6/3/2018).

    Kendati Syaikhu berasal dari Cirebon, namun ketertarikan secara emosional tetap harus didongkrak.

    Hal itu tidak terlepas dari Pantura yang juga basis massa tradisiobal PDIP dan PKB.

    Pasangan ASYIK harus menggedor mesin partai supaya optimal mengenalkan visi misinya, khususnya yang berkaitan dengan kesejahteraan dan kesetaraan pembangunan masyarakat Pantura.

    “Gerindra memiliki keuntungan karena karakteristik Pantura itu cenderung nasionalis. Paling penting jangan sampai timbul isu provinsi baru dengan tawaran program pembangunan yang setara wilayah lain,” jelasnya.

    Dia mengakui bahwa kawasan Pantura sangat strategis untuk memenangkan Pilgub Jabar. Karena itu, seluruh kandidat akan bertempur cukup ramai di kawasan ini.

    “Tinggal beradu program saja, optimalisasi mesin partai.
    Karena secara figur tidak ada satu pun yang diuntungkan. Hanya Akhmad Syaikhu dan Pak Tb Hasanudin yang memiliki keuntungan identitas,” bebernya.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img