spot_img
Jumat 26 April 2024
spot_img
More

    Sewa Boseh Bikesharing Keliling Kota Bandung Hanya Rp1000

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Pemerintah Kota Bandung melalui Dinas Perhubungan Kota Bandung menyediakan moda transportasi ramah lingkungan yakni bike sharing yang dinamai Boseh.

    Kabid Manajemen Transportasi dan Parkir Dishub Kota Bandung Dudi Prayudi menyebutkan, ada sekitar 350 sepeda tersedia yang bisa disewa oleh warga.

    Boseh yang beroprasi sejak Juli 2017 itu tersebar di 30 shelter di beberapa lokasi di kota Bandung. Masing-masing shelter disediakan 8 sampai 12 sepeda.

    “Yang dioperasikan hanya 70 persen. Sisanya cadangan untuk mengganti yang rusak atau kalau ada event bisa dikeluarin,” ungkapnya mengutip PRFM, Kamis (15/2/2018).

    Dudi menjelaskan, secara teknis, warga yang akan menyewa harus melakukan registrasi untuk memastikan identitas penyewa dan menjamin keamanan sepeda. Untuk melakukan registrasi penyewa bisa menggunakan e-money dari BRI, BNI, dan Mandiri dan mendatangi booth registrasi.

    Adapun lokasi booth registrasi tersebar di Kawasan seperti Alun-alun Bandung, Taman Cibeunying, dan Grha Pos Jalan Banda.

    “Caranya bisa pake kartu e-tol juga yang dari bank kerjasama kami ke booth lalu registrasi dengan menyertakan e-ktp, daftar, difoto, langsung bisa digunakan. Kalau pelajar bisa juga pakai kartu pelajar,” paparnya.

    Biaya sewa yang dibebankan sebesar Rp 1.000 untuk satu jam pertama, dan Rp 2.000 untuk satu jam berikutnya. Boseh mulai beroperasi dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB.

    “Lalu untuk penyewa yang ambil sepeda dari shelter asal, bisa mengembalikan ke shelter terdekat dari tujuan. Jadi tidak perlu kembalikan ke shelter asal. Kebetulan kita sudah punya aplikasi di playstore, tinggal ketik boseh disitu diketahui shelter ada dimana saja, dan tahu sisa isi shelter ada berapa. Jadi bisa ketauan ketersediaannya,” ungkapnya.

    Nantinya, Dudi berharap animo masyarakat kian meningkat sehingga bisa disediakan lebih banyak booth registrasi, shelter, dan sepeda di seluruh Kota Bandung.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img