spot_img
Rabu 7 Desember 2022
spot_img
More

    Hasil Otopsi Nana Tewas Karena Minum Tigor Pembersih Alat Medis

    CIAMIS, FOKUSJabar.com: Akhirnya penyebab kematian Nana alias Gerger warga Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis salah sorang korban tewas akibat miras oplosan beberapa waktu lalu, terungkap.

    Hasil otopsi menunjukan Nana tewas terinsoknasi alkohol dari minuman keras jenis Tigor. Demikian dikatakan Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Hendra Virmanto, Rabu (14/2/2018).

    Hendra mengatakan, berdasarkan hasil otopsi yang dilakukan tim dokter forensik Polda Jabar penyebab meninggalnya korban adalah rusaknya organ dalam tubuh korban karena kelebihan mengkonsumsi alkohol atau metanol.

    “Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap sejumlah organ tubuh korban semua mengalami kerusakan akibat alkohol dengan kadar tinggi,” ucapnya.

    Hendra melanjutkan, saat kejadian beberapa waktu lalu korban mengkonsumsi berbagai jenis miras. Namun berdasarkan hasil dari pemeriksaan dokter yang melakukan otopsi yang menyebabkan korban tewas adalah miras yang berkadar alhoholnya tinggi.

    “Kandungan metanol atau alkohol dalam miras jenis Tigor sangat tinggi yaitu 31 persen,” ucapnya.

    Tigor kata Hendra sangat berbahaya bila dikonsumsi manusia karena metanol jenis tersebut kegunaanya untuk membersihkan alat-alat medis agar steril.

    “Mengkonsumsi lima persen saja bisa menimbulkan kerusakan pada organ tubuh manusia apalagi kalau melebihi dari itu,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/DH)

    Berita Terbaru

    spot_img