spot_img
Rabu 7 Desember 2022
spot_img
More

    Aher Tidak Takut Gaji ASN Dipotong

    PALEMBANG, FOKUSJabar.id :  Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) tanggapi santai terkait rencana kementrian agama yang ingin memotong gaji aparatur sipil nasional (ASN) sebesar 2,5 persen tiap bulannya.

    Aher mengatakan, jika rencana itu direalisasilan oleh pemerintah pusat tidak akan menjadi masalah, karena sudah lama ASN di lingkup pemprov Jawa Barat sudah melakukan hal itu.

    “Pemotongan gaji 2,5 persen untuk zakat itu sudah berjalan dari dua bulan yang lalu, bukan hanya ASN Pemprov saja, bahkan sebagian kota/kabupaten di Jawa Barat ada yang sudah melakukan hal yang sama,” kata Aher di Palembang Jumat (9/1/2018).

    Aher mengaku, tidak kaget dan tidak khawatir dengan rencana yang akan dicanangkan oleh kementrian agama. Pasalnya pihaknya sudah terbiasa dengan program pemotongan gaji untuk zakat.

    “Beberapa waktu lalu, Jawa Barat untuk tingkat provinsi dan Sukabumi ditingkat kabupatennya mendapatkan penghargaan dari Baznas sebagk daerah terbaik Zakat,” ujarnya.

    Pola potongan gaji untuk zakat yang digunakan oleh pemerintah provinsi Jawa Barat itu sebelum diserahkan kepada lembaga resmi pengumpul zakat, uang zakat dikumpulkan terlebih dahulu di masing OPD setelah itu setelah itu di bagi 50:50.

    “Jumlah keseluruhan di bagi 50 persen untuk dikelola oleh OPD dan 50 persen diserahkan kepad Baznas,” terangnya.

    Dalam hal zakat OPD itu sendiri, lanjut Aher, juga harus bisa melakukan membagian zakat untuk fakir, kemudian untuk kesehatan, perekonomian serta pendidikan.

    “Namun tetap kami juga melalui hisbat terlebih dahulu. Saya rasa dengan pola seperti ini lebih efektif. Karena selama ini hasil zakat dari ASN pemprov Jabar rata-rara memcapai Rp1 M per bulan,” pungkas Aher.

    (AS/Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img