spot_img
Rabu 7 Desember 2022
spot_img
More

    Harga Beras Mahal, Pemkab Bandung Segera Gelar Operasi Pasar

    BANDUNG, FOKUSJabar.id : Sebagai upaya menjaga stabilitas harga beras, Pemerintah Kabupaten Bandung akan segera menggelar Operasi Pasar (OP). Berdasarkan data monitoring yang dilakukan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperin) Kabupaten Bandung, kenaikan harga beras medium rata-rata mencapai 16,67 persen atau Rp1.500 per kg yakni dari Rp9.450 menjadi Rp11.500.

    “Kita harap masa kenaikan beras kali ini tidak lama, karena sebentar lagi musim panen. Dengan kenaikan sekarang yang mencapai 16,6 persen /kg, kita harap OP beras bisa mengimbangi, apalagi Kabupaten Bandung dikenal sebagai salah satu lumbung beras terbesar di Jawa Barat,” ungkap Bupati Bandung, Dadang M Naser, Senin (5/2/2018).

    Kepala Disperin Kabupaten Bandung, Popi Hopipah menjelaskan, secara teknis rencana pemerintah melakukan OP beras selain untuk stabilitas harga, juga sesuai dengan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 4 Tahun 2012 tentang Penggunaan Cadangan Beras Pemerintah (CBD). Popi optimistis operasi pasar tersebut dapat menekan kenaikan harga beras di Kabupaten Bandung.

    “Kami sudah minta ke Bulog untuk menyediakan semua stok beras yang ada untuk dilempar ke pasar agar harga kembali normal,” katanya.

    Dia mengungkapkan, pihaknya bersama Bulog sub Divisi Regional 5 wilayah Bandung akan melakukan OP beras secara beratahap diawali 3 Kecamatan, yakni Kecamatan Baleendah, Bojongsoang dan Kertasari.

    “5 Februari di Kecamatan Kertasari, 6 Februari di Kecamatan Baleendah dan 7 Februari di Kecamatan Bojongsoang. Beras tersebut dijual Rp 8.200 per kg,” pungkasnya dilansir Humas Pemkab Bandung.

    (Vetra)

    Berita Terbaru

    spot_img