spot_img
Senin 28 November 2022
spot_img
More

    IBI Kota Tasikmalaya Segera Buka Sekolah Pra-Nikah

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Bantu para calon pengantin membina rumah tangga, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Tasikmalaya berencana membuka sekolah pendidikan calon pengantin di wilayah Kota Tasikmalaya.

    Ketua IBI Kota Tasikmalaya Dr. Atit Tajmiati mengatakan, sekolah calon pengantin tersebut sebagai bentuk kepedulian IBI terhadap masyarakat, terutama calon pengantin yang akan membina rumah tangga.

    “Sebelum membina rumah tangga, beberapa persiapan harus diketahui calon pengantin. Misalnya masalah kesehatan reproduksi, kesehatan jasmani dan rohani, serta perlindungan hukum, baik agama maupun negara setelah menikah. Begitupun persoalan ekonomi, ” kata Atit di Sekretariat IBI Kota Tasikmalaya, Sabtu (3/2/2018).

    IBI, kata dia, akan memberikan ilmu-ilmu sebelum menikah, ada persiapan dan kematangan psikologi, kesiapan ekonomi dan kesiapan spiritual.

    Dengan begitu, para calon pengantin bisa mengetahui apa saja yang akan dilakukan setelah membina rumah tangga.

    “Jadi, tidak ada menikah hanya karena nafsu seks saja, dan seminggu kemudian cerai dan tidak ada pernikahan dini lagi,” jelas dia.

    Lebih lanjut Atit mengatakan bahwa sekolah calon pengantin ini nantinya terbuka untuk siapapun yang ingin berkonsultasi terkait persiapan pra dan pasca-nikah.

    Nantinya, lanjut Atit, sekolah calon pengantin tersebut akan melibatkan multi disiplin ilmu dengan mengandeng Kementerian Agama, KUA, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Keluarga Berencana termasuk perguruan tinggi yang memiliki disiplin ilmu yang memadai.

    “Intinya sekolah pengantin ini untuk membantu kesehatan dan kesejahteraan ibu serta dan janin anak. Insya Alloh pembukaan sekolah pengantin ini bulan Mei 2018,” pungkas dia.

    (Seda/LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img