BANDUNG,FOKUSJabar.id: Wakil Wali Kota Bandung, Erwin, melakukan kunjungan ke sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Balai Kota Bandung. Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung aktivitas, fasilitas, serta mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik di kawasan perkantoran Balai Kota.
“Alhamdulillah, setelah berkeliling melihat lingkup OPD, saya melihat semangat kerja yang sangat tinggi. Saya ingin mengingatkan bahwa bekerja di pemerintahan adalah ibadah, alat untuk meraih pahala. Semua ASN di sini harus bekerja dengan mengutamakan kepentingan masyarakat,” ujar Erwin saat berada di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Senin (24/2/2025).
Baca Juga: Sambut Ramadhan, Rumah Yatim Hadirkan Layanan Kesehatan Gratis dan Edukasi ZIS
Peningkatan SDM dan Fasilitas Pelayanan
Erwin menekankan pentingnya kolaborasi antarinstansi serta peningkatan kualitas pelayanan publik, baik dari segi sumber daya manusia maupun fasilitas pendukung. Ia berharap setiap aspek pelayanan dapat semakin optimal dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.
“SDM harus terus meningkat, dan fasilitas pelayanan publik, termasuk ruang-ruang kerja, harus lebih nyaman. Bahkan, hal kecil seperti toilet pun harus menjadi perhatian agar masyarakat yang datang merasa nyaman,” tuturnya.
Saat meninjau sejumlah ruangan, Erwin menemukan beberapa area yang masih perlu perbaikan agar pegawai dapat bekerja lebih nyaman dan pelayanan menjadi lebih maksimal.
“Ada beberapa ruangan yang terasa pengap dan panas. Jika memungkinkan, perlu ada perbaikan agar lingkungan kerja lebih kondusif,” katanya.
Integrasi dan Efisiensi Pelayanan
Selain meningkatkan kenyamanan fasilitas, Erwin juga mendorong integrasi dalam sistem pelayanan agar lebih efisien.
“Saya ingin semua pelayanan ini bisa terintegrasi dan tidak terpisah-pisah, agar koordinasi bisa lebih cepat. Jika masih ada lahan manfaatkan dan maksimalkan,” jelasnya.
Erwin berharap langkah ini menjadi awal dari peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Bandung. Dengan lingkungan kerja yang lebih baik dan sistem yang lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat, harapannya pelayanan publik semakin optimal dan efisien.
(Yusuf Mugni/Irfansyahriza)