spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    2 Rumah di Pangandaran Rusak, Ini Penyebabnya

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Diguyur hujan deras selama dua hari, Jumat-Sabtu (5-6/5/2023), dua rumah di Dusun/Desa Kedungwuluh, RT08/03, Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran Jawa Barat (Jabar) rusak sedang.

    Warga setempat, Nurdin mengatakan, kejadian yang mneimpa rumahnya sekitar pukul 21.00 WIB. Lantai dan dinding rumah bagian dapurnya retak akibat diguyur hujan deras.

    BACA JUGA:

    Ini Aksi tak Senonoh Wanita Bercadar di Perkebunan Teh Ciwidey

    “Waktu itu, Saya sedang membersihkan air di dalam rumah. Tiba-tiba terdengar suara retakan dari lantai dan dinding ruang tengah dan kamar mandi,” ungkapnya, Sabtu (6/5/2-23). 

    Selain karena hujan deras, kejadian tersebut karena air bag yang masuk dari selokan yang mengalami penyempitan. 

    “Lebar saluran air satu meter. Kini menyempit sekitar 40 cm. Akibatnya, air bah itu masuk ke dalam rumah melalui saluran pembuangan kamar mandi.

    “Air masuk ke kamar mandi, dapur dan ruang tengah. Kerugin sekitar Rp20 juta,” Nurdin menambahkan. 

    Kejadian serupa menimpa Agus, tetangga Nurdin. 

    Meraka memahami kondisi yang dialaminya adalah musibah. Meski begitu, keduanya berharap mendapat bantuan dari pemerintah.

    Hal serupa terjadi di depan SPBU Padaherang. Akibat pnyempitan saluran air, beberapa rumah warga tergenang air bah. 

    Warga Desa Kedungwuluh, Hendris mengatakan, pihak Pemdes sudah mengusulkan perbaikan saluran selokan ke Dinas terkait. Namun hingga kini, belum terealisasi.

    BACA JUGA:

    Sindir Pemkot, Warga Kota Banjar Mancing di Jalan Berlubang

    “Pemdes agar lebih inten komunikasi dengan dinas terkait,” harapnya. 

    Dia mengaku sudah koordinasi dengan BPBD, Dinas Sosial – Tagana Kabupaten Pangandaran untuk segera di assesment ke lapangan. 

    Pasalnya, selain rumah warga yang terdampak banjir, kondisi selokan sepanjang jalan raya Pangandaran terlihat penumpukan sampah yang berserakan akibat terbawa arus air.

    “Banyak tumpukan sampah di depan Korwil UPTD Padaherang, sehingga kendaraan pun terganggu, jelasnya,” kata Dia di Pangandaran.

    (Sajidin/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img