spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Holil Aksan Umarzen: Pemekaran Daerah Kunci Mengentaskan Kemiskinan di Garut

    GARUT,FOKUSJabar.id: Ketua Umum (Ketum) Paguyuban Masyarakat Garut Utara (PM Gatra), Holil Aksan Umarzen (Kang Holil) menegaskan, pergantian Bupati Garut Jawa Barat (Jabar) dari masa ke masa gagal mengatasi kemiskinan di Kota Intan.

    Pernyataan itu Holil Aksan Umarzen sampaikan di acara sarasehan yang mengusung tema “Menakar Potensi SDM dan SDA menuju Garut Mandiri, Sejahtera dan Juara.”

    Dia mengatakan, SDM  Garut sangat hebat dan SDA-nya juga harta yang berlimpah.

    BACA JUGA: Mengenal Lebih Dekat Holil Aksan Umarzen, Dewan Penasehat KWS Puseur Tasikmalaya

    “Sayangnya Garut sulit berubah. Jangankan mandiri apalagi juara, untuk mengatasi kemiskinan saja masih gagal,” kata Kang Holil melalui sambungan WhatsApp (WA), Rabu (8/3/2023) malam.

    “Siapapun pemimpinnya diyakini akan gagal mengatasi kemiskinan. Solusinya, Bupati mesti mendorong pemekaran Garut Selatan (Garsel) dan Garut Utara (Gatra),” Holil menambahkan.

    Berikut keuntungan pemekaran daerah:

    Menurut Dia, pemekaran daerah bermulti efek bagi keuntungan masyarakat sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan pemerintahan.

    Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sejalan dengan meningkatnya tingkat kesejahteraan masyarakat dengan terbangunnya Gedung-gedung pemerintahan dan pusat kegiatan ekonomi diberbagai sektor.

    Termasuk penambahan keuangan yang bersumber dari DAU dan DAK. Semua itu nantinya menjadi sumber APBD Kabupaten Gatra, Garut dan Kabupaten Garut Selatan.

    Selanjutnya, penambahan kewenangan. Di mana Garut akan dipimpin oleh 3 Bupati dan memiliki ratusan anggota DPRD serta Lembaga-lembaga pemerintahan lainnya.

    “Saya optimistis, dengan pemekaran Garut akan maju,” kata Holil Aksan Umarzen.

    Dia menyebut, dengan pemekaran akan terjadi  pemerataan pembangunan, percepatan pelayanan masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

    BACA JUGA: Warga Garut Dukung Holil Aksan Umarzen Nyaleg DPR RI

    Faktanya, daerah-daerah yang sudah dimekarkan di wilayah Provinsi Jawa Barat saat ini tidak masuk dalam daftar daerah tertinggal apalagi daerah miskin.

    Oleh karena itu, Dia nyaleg DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar XI (Kabupaten/Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Garut) untuk mendorong pemekaran wilayah. Khususnya, Kabupaten Garsel, Gatra dan Kaupaten Tasikmalaya Selatan.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img