spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Masyarakat Jangan Berteduh di Bawah Pohon

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung Jawa Barat (Jabar) mencatat adanya puluhan pohon tumbang dan patah.

    Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon DPKP3 Kota Bandung, Roslina mengatakan, pohon tumbang dan patah terjadi di beberapa lokasi. Tidak selalu terjadi di ruas jalan.

    BACA JUGA: Penemuan Mayat di Saung Sawah Pangandaran Bikin Geger Warga

    “Dari Januari sampai hari ini ada puluhan. Tetapi untuk yang tumbang hanya beberapa. Kebanyakan kasus patah dahan di situasi angin kencang yang terjadi saat ini,” kata Roslina, Senin (27/2/2023).

    Menurutnya, kasus tersebut lebih didominasi faktor keropos akar. Hal itu terjadi karena tumbuh kembang akarnya terganggu akibat perbuatan manusia. Semisal yang tumbuh di trotoar.

    “Akarnya ini tidak tumbuh sempurna karena pondasi menahan akar. Jadi ketika ada angin kencang, kita tidak bisa melihat kondisinya apakah akarnya bagus atau tidak,” ucapnya.

    Di tengah kondisi angin kencang belakangan ini, Pihaknya meminta masyarakat agar selalu waspada. Hal pertama tidak berhenti atau berteduh di bawah pohon.

    “Prinsipnya tetap berhati-hati saat berteduh. Karena kita tidak tahu kondisinya seperti apa. Kadang sehat, kalau ada angin kencang pisa patah atau tumbang,” ujarnya.

    BACA JUGA: Soal Pernyataan Proporsional Tertutup, Siang Ini Ketua KPU RI Diperiksa DKPP

    Roslina menambahkan, DPKP3 Kota Bandung secara rutin terus melakukan pencegahan. Salah satunya adalah dengan mengecek, dan memangkas dahan-dahan.

    “Kita setiap hari melakukan pemantauan. Melakukan pemangkasan apabila ada yang terlalu rimbun, terlalu tinggi. Kalau ada yang kering batang, kita melakukan pemangkasan. Itu sudah rutinitas,” pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthik)

    Berita Terbaru

    spot_img