spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    AmPlus Gandeng BUMDes di Cipaku Budidaya Ikan Koi

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Kelompok budidaya ikan  (Pokdakan) di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis Jawa Barat (Jabar) telah sukses memanen bibit ikan Koi peliharaan plasma yang dibina AmPlus.

    Menurut Presdir AmPlus, Arie Mirzha, budidaya ikan jenis ini cukup menjanjikan karena bernilai jual tinggi.

    “Hanya butuh waktu tiga bulan dari modal awal Rp17 ribu per ekor bisa menjual yang dibesarkan oleh para plasma seharga Rp150 ribu per ekor,” katanya.

    cipaku fokusjabar.id
    Panen Raya Ikan Koi

    BACA JUGA: ABG Garut yang Diamankan Polres Jaksel Ngaku Santri Habib Bahar

    Arie mengatakan, sistem plasma yang dilakukan, AmPlus kerja bareng BUMDes yang ada di Kecamatan Cipaku. Hal itu untuk mendorong perekonomian di pedesaan.

    “Dengan tagline dari Desa untuk Indonesia, Kami di sini berusaha membangkitkan perekonomian di pedesaan dengan budidaya ikan Koi,” kata Dia.

    Arie mengatakan, ke depannya, Kabupaten Ciamis bisa menjadi sentra ikan Koi yang mumpuni sehingga bisa mendongkrak perekonomian masyarakat.

    “Saya ingin hasil budidaya ikan yang dikembangkan di sini bisa sejajar dengan daerah lain yang telah dulu membudidayakannya,” harap Arie. 

    cipaku fokusjabar.id
    Presdir AM Plus Arie Mirzha (Baju lengan panjang) saat menyaksikan panen ikan KOI di kolam yang ada di Dusun Cigebot Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Ciamis (Foto Husen)

    Ketua BUMDes Gereba, Kecamatan Cipaku, Irawan mengaku terbantu dengan kehadiran AmPlus yang telah memberikan peluang usaha bagi masyarakat.

    “BUMDes yang menjadi plasma AmPlus diberi pelatihan sebelum membudidayakannya agar hasilnya maksimal,” terangnya.

    Penyuluh Perikanan wilayah Kecamatan Cipaku, Ahmad Sobari menjelaskan, keberadaan  Pokdakan AmPlus Koi di wilayahnya menjadi inspirasi bagi pembudidaya ikan di Kecamatan Cipaku lainnya. 

    “AmPlus menjadikan yang tidak tahu menjadi tahu, yang tidak mau menjadi mau dan yang tidak mampu menjadi mampu membudidayakan Ikan Koi,” ungkapnya.

    (Husen Maharaja/Bambang)

    Berita Terbaru

    spot_img