spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Tips Lolos SBMPTN dan daftar PTS via goKampus

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Melalui aplikasi goKampus, calon mahasiswa bisa mendaftar ke Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan mudah secara daring.

    Berkat fitur Instant Approval di aplikasi goKampus, calon mahasiswa bisa mendaftar ke PTS ternama cukup dengan mengunggah foto nilai rapor dan hasilnya langsung diumumkan dalam hitungan menit dan gratis.

    Berikut tips sukses SBMPTN dan daftar PTS mudah via goKampus.

    1. Memahami seluk beluk UTBK

    UTBK tahun ini hanya akan mengujikan Tes Potensi Skolastik (TPS) saja tanpa Tes Kompetensi Akademik (TKA).

    TPS memiliki empat sub tes, yakni penalaran umum, pemahaman bacaan, pengetahuan umum, dan pengetahuan kuantitatif.

    2. Rutin latihan

    “Sering-sering latihan soal. Ulik soal dari tahun terlama sampai yang terbaru,” jelas Zanira Fachri, mahasiswi Universitas Indonesia angkatan 2015, yang ditanyai goKampus.

    Naomi Maria Neysa, mahasiswi ITB angkatan 2016 juga menyarankan untuk mematok target passing grade saat mengerjakan latihan tryout.

    BACA JUGA: Google Photos Dirilis Pekan Depan

    3. Pastikan kondisi fit saat unjian

    Rachmah Pristiana, mahasiswa IPB angkatan 2015, mengingatkan peserta didik untuk menjaga kondisi badan.

    “Jangan begadang di hari-hari sebelumnya agar fisik saat mengerjakan tes bisa fokus dan tidak drop,” ujarnya.

    Peserta juga sebaiknya tiba di lokasi ujian minimal satu jam sebelum tes.”Dan yang terpenting, adalah selalu berdoa,” jelas Rachmah.

    4. Siapkan rencana B

    Faktanya, hanya 23 persen dari jumlah total peserta terdaftar ujian yang akan diterima ke PTN yang dipilih. Hal ini tidak menandakan bahwa 77 persen peserta tidak layak dalam pilihannya, namun memang adanya keterbatasan kuota penerimaan dalam universitas negeri.

    Jika tidak mungkin menunda masuk PTN tahun berikutnya, segera tentukan pilihan untuk masuk PTS sesuai pilihan dan harapan. “Menurut saya, yang lebih penting itu adalah peminatan jurusan kita, tidak hanya semata lulus di PTN. Karena takutnya kuliah jadi tidak maksimal bila tidak sesuai dengan passion. Dan di swasta juga banyak yang bagus dari segi jurusan,” jelas Rachmah.

    (Agung/ANT)

    Berita Terbaru

    spot_img