spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Ratusan Anggota PPK dan PPS se-Kota Tasikmalaya Dibekali Nilai-nilai Nasionalisme Dan Jiwa Korsa

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id : Untuk meningkatkan soliditas dan rasa kebangsaan bagi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Tasikmalaya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat (Jabar) menggelar Pendidikan Bela Negara (PBN ) Dan Orientasi Tugas.

    PBN sendiri digelar di Gedung Juang, Komplek Taman Makam Pahlawan Karoeng Saptamarga Tasikmalaya selama dua hari Selasa-Rabu (09-10/07/24). Dengan menghadirkan narasumber-narasumber yang kompeten dan kredibel dari KPU Provinsi Jawa Barat, KPU Kota Tasikmalaya dan Kodim 0612/Tasikmalaya.

    Ketua KPU Kota Tasikmalaya Asep Rismawan mengatakan, metode PBN dan Orientasi Tugas bagi tenaga-tenaga PPK dan PPS se-Kota Tasikmalaya sangat penting dalam membangun soliditas dan jiwa korsa dikalangan penyelenggara pemilu.

    “Kegiatan ini, untuk membangun nilai-nilai nasionalisme dan perjuangan. Termasuk meningkatkan pemahaman-pemahaman teknis terkait tugas, fungsi dan wewenang PPK dan PPS. Dalam pelaksanaan menyelenggarakan tahapan-tahapan pemilu serentak Nopember mendatang,”ungkap Asep Rismawan di Gedung Juang Selasa (09/07/24) malam tadi 

    “Peserta PBN dan Orientasi Tugas ini sebanyak 257 orang. Dengan materi-materi bela negara dan tentang tahapan-tahapan kepemiluan yang menjadi fokus utama KPU saat ini,”ujarnya.

    PPK dan PPS Kota Tasikmalaya Harus Memiliki Integritas

    Ia menjelaskan, dengan memiliki nilai-nilai kebangsaan dan nasionalisme, PPK dan PPS ini tentu akan bekerja dengan penuh  tanggung jawab. Untuk menyelenggarakan pemilu serentak yang jujur, adil dan berintegritas.

    “Dari kegiatan ini, tentu kita harap dapat membangun jiwa nasionalisme, kebersamaan, disiplin diri serta mencintai NKRI dan membangun kepemimpinan diri,”paparnya.

    Asep menambahkan, bahwa tugas-tugas PPK dan PPS dalam pemilu serentak ini, memiliki beban kerja yang cukup berat yang memakan waktu, pikiran dan tenaga.

    “Kita inginkan, saat pelaksanaan pencoblosan 27 November mendatang, insan-insan PPK dan PPS ini mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan kondisi fisik dan tenaga yang optimal,”harapnya.

    Kegiatan PBN hari pertama pun berlangsung hingga tengah malam, dengan menggelar kegiatan apel malam. kemudian lanjut dengan menyalakan api unggun bersama para peserta dan pemateri dari TNI AD Kodim 0612/Tasikmalaya 

    “Api unggun ini, memberikan sebuah arti semangat berkobar penuh persatuan dan kebersamaan. Untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan umum serentak di Kota Tasikmalaya,”tutup Asep Rismawan.

    (Seda/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img