spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Hadapi Pilkada 2024, Satpol PP Garut Gelar Jambore Satlinmas

    GARUT,FOKUSJabar.id: Satpol PP Garut Jawa Barat (Jabar) gelar  Jambore Satlinmas tingkat Kabupaten bertempat di Eduwisata Gunung Guntur, Rabu (19/6/2024).

    Kegiatan tersebut mengusung tema “Dengan Jambore Perlindungan Masyarakat, Satlinmas Siap Menyukseskan Pilkada  2024 dengan Aman dan Damai.”

    BACA JUGA:

    Timgab Garut Amankan 1.345 Botol Miras

    Jambore tersebut dihadiri 40 anggota Linmas dari Kecamatan Tarogong Kaler, Tarogong Kidul dan Garut Kota.

    Kepala Satpol PP Garut, Usep Basuki Eko mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari pelatihan untuk meningkatkan kemampuan anggota Linmas. Baik secara individual maupun kelompok.

    Jambore ini juga merupakan persiapan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Garut yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024.

    “Ini dalam rangka persiapan Pilkada. Dari perwakilan ini nanti bisa menyebarkan ilmunya di tingkat desa,” kata Eko.

    Eko mengungkapkan, pelatihan serupa akan diadakan secara bertahap di kecamatan lain.

    BACA JUGA:

    Saat Mau Disembelih, Sapi Kurban Ngamuk di Pangandaran

    Materi yang diberikan dalam jambore meliputi penanggulangan bencana, pemadaman kebakaran serta bantuan dalam menjaga Ketentraman dan Ketertiban Umum (Trantibum).

    “Mereka juga membantu. Karena Pol PP kan tidak ada sampai desa. Karenanya, di desa masalah kamtibmas, trantibum itu ditangani Linmas,” tutupnya.

    Sebelumnya FOKUSJabar mengabarkan, Timgab Garut Jawa Barat (Satpol PP, TNI dan Polri) merazia Minuman Keras (Miras) di Kecamatan Garut Kota,Rabu (19/6/2024).

    Timgab Garut berhasil mengamankan 1.345 botol Miras berbagai merk. Selanjutnya dilakukan penyegelan toko miras tersebut.

    Kepala Satpol PP Garut, Usep Basuki Eko mengatakan, sebelum dilakukan operasidiawali dengan intelijen antara pihaknya dengan TNI/Polri untuk bertukar informasi.

    Menurut Eko, operasi gabungan ini tersebut merupakan yang kedua kalinya selama dia menjabat.

    “Operasi pertama masih dalam proses pemberkasa. Kini kita menemukan lagi. Tentu ini akan menjadi pemberatan,” katanya.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img