spot_img
Sabtu 13 Juli 2024
spot_img
More

    Saber Pungli Kota Banjar Pantau Potensi Pungutan PPDB

    BANJAR,FOKUSJabar.id: Satgas Saber Pungli Kota Banjar, Jawa Barat menerjunkan tim ke sekolah-sekolah favorit di wilayahnya untuk mengawal pelaksaan Penerimaan Siswa Didik Baru (PPDB).

    Menurit Kepala UPP Saber Pungli Kota Banjar, Kompol Dani Prasetya, pengawalan tersebut bertujuan untuk mengurangi potensi kecurangan dalam pelaksaan PPDB.

    “Saat ini kita akan ke sekolah-sekolah untuk melakukan sosialisasi dan antisipasi terkait potensi adanya kecurangan atau pungli dalam pelaksaan PPDB,” katanya, Rabu (12/6/2024).

    Baca Juga: Seorang Karyawan Konter HP di Kota Banjar Tiba-tiba Diserang Pria Berhelm

    Dani mengatakan pihaknya akan melakukan sosialisasi dengan memasang spanduk dan stiker imbauan di setiap sekolah yang dikunjungi.

    Kemudian tim Saber Pungli juga akan berkoordinasi dengan pihak sekolah agar mereka melaksanaan PPDB ini sesuai aturan berlaku dan tidak melakukan kecurangan.

    “Kita berkoordinasi dan akan memberikan imbauan kepada pihak sekolah agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Kami juga mengimbau kepada semua orang tua agar bisa mematuhi aturan PPDB sesuai aturan yang berlaku,” kata dia.

    Semua Sekolah Sama

    Kepala SMPN 1 Kota Banjar, Aa Hasan Gunara berterimakasih kepada satgas saber pungli yang konsisten melakukan pendampingan saat PPDB.

    Ia berharap kemitraan ini bisa mewujudkan masyarakat yang memiliki integritas. Baik di lingkungan sekolah atau di luar sekolah, khusunya di SMPN 1 Kota Banjar.

    “Saya atas nama SMPN 1 Kota Banjar berterimakasih kepada tim saber pungli. Karena telah memberikan arahan mengenai pencegahan kecurangan PPDB, semoga PPDB ini berjalan lancar dan aman,” ujarnya.

    Hal senada juga disampaikan Kepala SMPN 2 Kota Banjar, Sarjo. Bahkan dalam hal ini dirinya berpesan kepada seluruh orang tua bahwa semua sekolah itu sama saja.

    Sarjo menjelaskan bahwa pelaksanaan PPDB ini dilakukan dengan empat jalur, baik jalur prestasi, zonasi, perpindahan orang tua dan afirmasi.

    “Dalam pelaksanaan PPDB dengan empat jalur pendaftaran ini orangtua itu harus paham. Jika anaknya tidak diterima maka jangan memaksakan, semua sekolah sama saja. Bahkan kita pihak sekolah bisa bantu jika tidak diterima. Misal di SMP 2, kita bisa arahkan ke sekolah yang masih kosong,” kayanya.

    “Jadi kami berharap ada orangtua yang memaksakan untuk melakukan hak yang diluar aturan. Agar anaknya keterima karena semua sekolah itu sama saja,”sambungnya.

    Sementara dari pentauan pelaksanaan PPDB di Kota Banjar sudah dimulai. Saber Pungli pun bekerjasama dengan pihak sekolah dengan menerjunkan timnya untuk melakukan sosialisasi terkait potensi kecurangan dalam pelaksanan PPDB.

    Adapun sekolah-sekolah yang dikunjungi Saber Pungli dan diberi arahan mengenai pencegahan pungli di Banjar. Yaitu SMPN 1, SMPN 2, SMPN 4, SMPN 6, SMPN 8, SMPN 9, SMPN 10 Kota Banjar.

    Saber pungli juga melakukan hal demikian ke tingkat sekolah menengah atas (SMA) diantaranya SMAN 1 dan SMAN 2 Kota Banjar. Kemudian ke SMKN 1, SMKN 2, SMKN 3, dan SMKN 4 Kota Banjar.

    (Budiana Martin/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img