spot_img
Rabu 26 Juni 2024
spot_img
More

    Elemen Petani dan Koalisi Masyarakat Sipil Pro Demokrasi Dukung Ono Surono di Pilgub Jabar

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Tokoh dari berbagai elemen petani di Ciamis, pejuang reformasi agraria, Serikat Petani Pasundan (SPP) serta koalisi masyarakat sipil pro-demokrasi Tatar Galuh mendukung Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono maju di Pilkada Jabar 2024.

    Deklarasi dukungan berlangsung di pelararan billboard Taman Raflesia Alun-Alun Ciamis, Rabu (12/6/2024) sore.

    Hadir dalam acara tersebut tokoh-tokoh pejuang petani dari Ciamis, Banjar, Pangandaran, Tasikmalaya, dan Garut, serta bakal calon kepala daerah di antaranya  Sulyanati dan Nana Suryana dari Kota Banjar, dan Nanang Permana dari Ciamis.

    BACA JUGA:

    Ono Surono, Putra Indramayu Siap Nyagub Jabar

    Acara deklarasi dimeriahkan penampilan seni tradisional jaipong dan pencak silat oleh siswi SMK SPP Pasawahan Banjaranyar.

    Dukungan untuk Ono Surono maju di Pilgub Jabar dibacakan secara bersamaan oleh perwakilan elemen petani dari sejumlah kecamatan di Ciamis.

    Sekjen SPP Agustiana mengatakan, koalisi masyarakat sipil pro-demokrasi Tatar Galuh memberikan dukungan dan mandat kepada pimpinan partai politik dan tokoh masyarakat untuk bersama-sama memperjuangkan dan mencalonkan Ono Surono sebagai Gubernur Jawa Barat.

    “Kami mendukung Kang Ono maju menjadi Cagub Jabar karean sejak muda dan puluhan tahun lamanya beliau berjuang untuk kepentingan rakyat,” kata Agustiana.

    Sepak terjang Ono memperjuangkan nasib petani, kata dia, dilakukan sejak Orde Baru hingga era reformasi tidak pernah berhenti. Begitupun dengan nasib nelayan di Indramayu yang terus diperjuangkan.

    Menurut dia, kehadiran Ono Surono sebagai Cagub sangat penting, mengingat kekurangan kapasitas dan kapabilitas kepemimpunan dari figur lain yang potensinya tidak sebesar Ono Surono.

    “Sebagai ketua partai besar, pemenangan Ono Surono tak mungkin bisa dilakukan oleh Cagub yang diusung partai lain. Apalagi Pilgub Jabar dilaksanakan serentak dengan pemilihan bupati/wali kota di 27 kabupaten/kota, sehingga bisa disinergikan,” kata dia.

    BACA JUGA:

    Ditemani Secangkir Kopi Liong, Ono Surono dan Bima Arya Bahas Soal Pilgub Jabar

    Adapun peserta deklarasi hari ini, kata dia, adalah tokoh dan kader muda yang berdedikasi serta memiliki tanggung jawab kepada masyarakat. Mereka dikenal publik atas kiprahnya selama 20 tahun berjuang bersama rakyat.

    “Target kami menggaungkan ketokohan dan kepemimpinan Kang Ono Surono seperti matahari yang diterima oleh berbagai kalangan masyarakat, usia, profesi dan partai yang terbit dan bergerak dari masyarakat Jabar paling timur,” kata dia.

    Sementara itu, Ono Surono menyatakan kesiapannya maju di Pilkada Jabar 2024. Pihaknya juga mengapresiasi deklarasi dukungan yang untuk pertama kalinya dimulai dari Tatar Galur Ciamis.

    “Ini merupakan deklarasi dukungan yang pertama kalinya untuk saya maju di Pilkada Jabar,” kata Ono.

    Selain deklarasi dukungan, Ono Surono dan jajaran DPD PDIP Jabar juga telah melakukan silaturahmi dan komunikasi dengan parpol lainnya, seperti Gerindra, PKS, Golkar, dan PPP.

    “Kami juga berencana melanjutkan komunikasi dengan berbagai partai lainnya,” kata dia.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img