spot_img
Kamis 20 Juni 2024
spot_img
More

    Survei DPD Partai Golkar, Herdiat Sunarya Unggul Dari Cabup Lain di Ciamis 

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Dalam sebuah ekspose yang dilakukan oleh DPP Partai Golkar Ciamis, di Aula Gedung Golkar Ciamis, Selasa (28/5/2024) hasil survei terkait calon bupati (Cabup) di Ciamis untuk periode Pilkada 2024-2029 telah diungkapkan. Herdiat Sunarya Unggul dari semua Calon Bupati.

    Survey yang dilakukan oleh Lembaga Survey Poltracking Indonesia dengan melibatkan 400 responden dengan menggunakan metode multistage random dengan margin error 4,9% ini memberikan gambaran yang cukup signifikan tentang preferensi publik terhadap calon yang berpotensi.

    Menurut Ketua DPD Golkar Ciamis, Slamet Trian, survey ini dilakukan tanpa intervensi dari calon dan dilaksanakan oleh lembaga survei independen, yaitu Poltracking Indonesia.

    BACA JUGA: PAN Kunjungi Golkar Ciamis, Jajaki Kemungkinan Koalisi Untuk Pilkada 2024

    “Survei ini bertujuan untuk memberikan gambaran objektif tanpa campur tangan calon dalam prosesnya.” kata dia. 

    Dia menjelaskan, dari hasil survei, terlihat bahwa Cabup petahana, Herdiat Sunarya, mendominasi dalam popularitas dan acceptability. Dengan angka 86,4% dikenal dan 78,1% disukai, 

    “Herdiat Sunarya unggul jauh dari calon lainnya seperti Yana D Putra dengan 61,4% dikenal dan 51,2% disukai. Hal ini juga tercermin dalam elektabilitasnya, di mana Herdiat Sunarya mencatatkan angka 35,7%, sementara calon lainnya jauh di bawahnya,” ucapnya. 

    Tingkat Kepuasan Warga Ciamis Terhadap Herdiat Sunarya

    Lebih lanjut, survei juga menunjukkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Herdiat Sunarya selama menjabat sebagai bupati Ciamis dengan 82% penilaian positif, Herdiat Sunarya memperoleh dukungan yang kuat dari masyarakat. Sementara itu, pasangannya, Yana D Putra, juga mendapat penilaian yang positif, meskipun tidak sebesar Herdiat Sunarya.

    “Dari hasil survei ini juga terlihat bahwa mayoritas masyarakat setuju dengan pencalonan kembali Herdiat Sunarya sebagai Cabup Ciamis. Dengan persentase 78,4%, ini menunjukkan bahwa masyarakat tidak hanya menghendaki, tetapi juga mendukung langkah tersebut,” jelasnya. 

    BACA JUGA: Jelang Pilkada 2024, Herdiat Sunarya Awali Komunikasi Politik Bersama Gerindra dan Golkar Ciamis

    Dengan demikian, hasil survei ini dapat menjadi landasan bagi rekomendasi dari DPP Partai Golkar terkait pencalonan Herdiat Sunarya sebagai Cabup Ciamis pada Pilkada 2024. 

    Prencanaan pelaksanaan urvei kedua pada ada bulan Juli, sementara survei untuk pasangan calon pada bulan Agustus. 

    “Harapannya hasil survei ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas bagi partai politik dan masyarakat dalam menentukan pilihan mereka pada Pilkada mendatang,” pungkasnya.

    (Fauza/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img