spot_img
Rabu 19 Juni 2024
spot_img
More

    Disparbud Pangandaran Tetapkan Ryan dan Difa Mojang Jajaka Pinilih

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pangandaran menetapkan Ryan dan Difa sebagai Mojang Jajaka (Moka) pinilih tahun 2024.

    Proses penetapan itu dilakukan melalui beberapa tahapan selama pra karantina, karantina, unjuk kabisa hingga Grand Final.

    BACA JUGA:

    Poltracking Indonesia Merilis Dadang Okta Unggul Dari Balon Pilkada Pangandaran

    Difa dan Ryan merupakan perwakilan dari Kecamatan Pangandaran. Pasangan ini berhasil menang dari belasan peserta lainnya dari perwakilan kecamatan yang ada di Kabupaten Pangandaran.

    Kadisparbud Kabupaten Pangandaran Nana Sukarna mengatakan ajang pemilihan duta pariwisata melalui Pasanggiri Mojang Jajaka Pangandaran 2024 ini pertama kali lagi dilaksanakan. Setelah hampir vakum selama 4 tahun.

    “Sudah hampir 4 tahun tidak diselenggarakan pemilihan Mojang Jajaka atau duta pariwisata Pangandaran. Alhamdulillah hari ini kembali terselenggara,” kata Nana, Selasa (28/5/2024).

    BACA JUGA:

    Kadis DLH Pangandaran Tuntaskan Target 15 Hari Awal Kerja

    Grand Final Pasanggiri dilaksanakan pada Senin (27/5/) malam di lapangan Grand Pangandaran. Momentum itu disaksikan ribuan warga dari perwakilan kecamatan di Kabupaten Pangandaran.

    “Acara Grand Final malam cukup meriah. Karena keluarga dan rekan perwakilan dari kecamatan datang untuk menyaksikan,” katanya.

    Ia mengatakan, penilaian untuk penetapan Mojang Jajaka Pangandaran ini melalui sejumlah tahapan mulai dari tes wawasan umum, kepariwisataan, budaya, dan pengetahuan seputar Pangandaran.

    “Karena kami harapkan mereka merupakan wajah pariwisata atau beranda terdepan brand ambassador wisata Pangandaran. Selain penampilan, sosoknya, publik speaking dan latar belakang prestasi menjadi salah satu penilaiannya,” kata dia.

    Nana berharap setelah terpilih sebagai Mojang Jajaka Pangandaran 2024 selama setahun kedepan bertugas dapat mengenalkan dan memberikan efek yang baik untuk promosi wisata di Pangandaran.

    “Harapannya selama setahun dapat menjadi duta pariwisata yang menjadi wajahnya pariwisata dan budaya,” katanya.

    Sementara itu, Ketua Paguyuban Mojang Jajaka Pangandaran Panji Arum mengatakan ada 20 perwakilan Moka dari kecamatan di Kabupaten Pangandaran.

    “Namun sampai tahan pra karantina, 1 mojang mengundurkan diri karena berbagai alasan sehingga peserta Grand Final ada 19 orang,” kata Panji.

    Panji mengatakan penilaian juri dan panitia sudah berdasarkan poin selama proses tes tulis, wawancara, pra karantina, karantina dan malam Grand Final tadi malam.

    “Jadi semuanya telah sesuai, penilaian dari juri tidak dapat diganggu gugat,” katanya

    Penetapan pasangan Mojang dan Jajaka 2024 ini nantinya akan kembali bertanding di Pasanggiri Moka tingkat Jawa Barat. Dimana perwakilan dari 27 Kabupaten/Kota akan berkompetisi mewakili daerahnya.

    (Sajidin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img