spot_img
Rabu 19 Juni 2024
spot_img
More

    Peringati HTTS, Kota Bandung Jadi Tuan Rumah Ictoh

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kota Bandung Jawa Barat (Jabar) ditunjuk menjadi tuan rumah Konferensi Nasional Pengendalian Tembakau atau Indonesia Conference on Tobacco or Healty (Ictoh), 28-30 Mei 2024.

    Acara tersebut digelar di Hotel Holiday Inn Jalan Dr. Djunjunan, Pasteur Kota Bandung.

    BACA JUGA:

    DPP PKB Tetapkan Dadang Okta Maju di Pilkada Pangandaran

    Ictoh merupakan bagian dari memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia (HTTS). Sebelumnya Ictoh diawali pada tahun 2014 di Jakarta, dilanjutkan ke Yogyakarta hingga Surabaya.

    Ketua Tobacco Control Support Centre-Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (TCSC-IAKMI) Sumaryati Amin Arjoso menyampaikan, dipilihnya Kota Bandung karena Jawa Barat merupakan provinsi tertinggi dengan presentase perokok paling banyak ketiga di Indonesia yaitu 32,78 persen.

    Sedangkan tertinggi yaitu Lampung (34,08 persen) disusul Nusa Tenggara Barat (32,79 persen).

    Selain itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Bandung, sebanyak 33,3 persen penduduk Kota Bandung terpapar asap rokok.

    “Jadi Bandung ini menarik untuk menjadi lokasi Ictoh ke-9. Nantinya ada youth forum, berbagai organisasi melaksanakan presentasi juga. Membuat deklarasi, juga dan membahas campur tangan industri tembakau,” kata Sumaryati, Jumat (24/5/2024).

    Sumaryati mengatakan, untuk agenda selanjutnya terdapat sesi presentasi. Setiap penelitian dari berbagai organisasi menyampaikan pengaruh industri rokok terhadap remaja bahkan anak-anak.

    BACA JUGA:

    Asep Sukmana Jadi Plh Wali Kota Tasikmalaya

    Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Anhar Hadian mengatakan, Pemkot Bandung pun ikut serta dalam memperingati HTTS. Di Kota Bandung akan diadakan di Taman Dewi Sartika pada 31 Mei 2024 mendatang.

    Sebagai salah satu pencapaian juga, di Bandung hadir Kampung KTR (Kawasan Tanpa Rokok) di RW 08, Kelurahan Kebon Gedang Kecamatan Batununggal.

    “Di wilayah itu ada Satgas KTR-nya, juga tidak ada iklan rokok di wilayah itu, bahkan di warung juga,” katanya.

    Selain itu, Kota Bandung pun sedang mengembangkan layanan konseling berhenti merokok di 6 Puskesmas.

    “Kita ada 6 puskesmas yang bisa memberikan layanan konseling berhenti merokok. Masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini,” ungkapnya.

    (Yusuf Mugni/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img