spot_img
Selasa 28 Mei 2024
spot_img
More

    Peringati Hari Kartini, Komunitas Hawa Semesta Tasikmalaya Ajak Perempuan untuk Bekarya

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Untuk mengenang dan menginspirasi perjuangan pahlawan Wanita Indonesia R.A Kartini, Komunitas Hawa Semesta Kota Tasikmalaya menggelar Kemah Puan untuk memperingati Hari Kartini Tahun 2024, di kawasan objek wisata Gunung Galunggung, Kecamatan Sukaratu Kabupaten Tasikmalaya Minggu (21/04/24)

    Para peserta upacara yang didominasi kaum hawa pun sangat antusias dan bersemangat, mereka seragam mengenakan pakaian kebaya, sebagai ciri budaya kaum Perempuan Indonesia.  

    Pelaksanaan upacara sendiri, semuanya dilaksanakan oleh kaum perempuan, mulai pembina upacara, komandan upacara, maupun petugas upacara lainnya, adalah kaum perempuan dari berbagai daerah, yang ikut dalam Kemah Puan. 

    BACA JUGA: Sekda Kota Tasikmalaya Mengundurkan Diri, Pj Wali Kota Segera Cari Pengganti

    Panitia peringatan Hari Kartini Ria Arista Budhiarti mengungkapkan, pelaksanaan upacara ini, untuk mengingatkan kita tentang perjuangan dan dedikasi seorang ibu R.A Kartini yang gigih dalam memperjuangkan hak-hak dan emansipasi wanita.

    “Kartini  merupakan tokoh dan pahlawan bangsa dan ibu dari seluruh anak bangsa, sehingga peringatan Hari Kartini ini, sebagai momentum untuk menginspirasi seluruh perempuan dan mewariskan nilai-nilai kejuangan R.A Kartini untuk sekarang dan masa yang akan datang,”ungkap Ria Arista Budhiarti Minggu (21/04/24).

    Menurutnya, dedikasi dan semangat R.A Kartini harus terus diwariskan dan diperjuangkan oleh setiap generasi, demi mewujudkan perempuan yang bermanfaat, tangguh dan mandiri.

    “Momentum peringatan Hari Kartini, sebagai semangat kaum perempuan untuk selalu berkontribusi dalam roda gerak pembangunan bangsa dan negara menuju Indonesia emas,” ujarnya.

    “Dengan kemajuan dan perkembangan teknologi, tentu kaum perempuan di zaman milenial ini, dituntut lebih mandiri, percaya diri, lebih tangguh serta mampu mengembangkan segala potensi yang dimiliki untuk kemajuan dirinya, keluarga, lingkungan dan masyarakat,” kata Ria.

    BACA JUGA:  Kejuaraan Voli Danbrigif 13 Cup 2024, Pj Wali Kota Tasikmalaya Berharap Muncul Megatron Baru

    “perempuan-perempuan saat ini harus lebih berkarya, berdaya saing dan bermanfaat untuk negeri, bukan hanya sebatas di dapur, sumur dan kasur, ini sesuai dengan tema kegiatan Perempuan Berdaya Bukti Nyata Untuk Semesta,” kata dia. 

    Dalam peringatan Hari Kartini Ke-145 tahun 2024, selain menggelar upacara, Komunitas Hawa Semesta Tasikmalaya pun menyelenggarakan sejumlah kegiatan mulai dari hiburan peserta, talk show terkait masalah perempuan, work shop membatik dan ditutup dengan fun game, yang diikuti seluruh peserta.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img