spot_img
Rabu 1 Mei 2024
spot_img
More

    PBVSI Jabar Siap Gelar Kejurda Bola Voli Antar Klub U-17, 48 Tim Ikut Serta

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Jawa Barat bersiap menggelar kejuaraan daerah (kejurda) bola voli antar klub U-17 se-Jawa Barat tahun 2024 bertajuk ‘Piala Gubernur’. Kejurda akan dilaksanakan pada 20-26 April 2024 di tiga lokasi yakni GOR Persada, GOR Saparua, dan GOR Pajajaran Kota Bandung.

    Ketua Umum Pengprov PBVSI Jabar, Agus Djumaedi mengatakan, pelaksanaan kejurda merupakan ajang seleksi tim yang akan menjadi wakil Jabar pada kejuaraan nasional (kejurnas) bola voli antar klub U-17. Rencananya, kejurnas bola voli antar klub U-17 tahun 2024 akan digelar di DI Yogyakarta pada 25 Juni hingga 2 Juli 2024.

    “Kita ingin menghasilkan tim terbaik yang akan menjadi wakil Jabar di ajang kejurnas nanti. Target kita tentunya mempertahankan gelar juara yang pada tahun kemarin diraih Bandung Tectona di sektor putra dan BIN O2C Bandung di sektor putri,” kata Agus Djumaedi saat ditemui di sekretariat Pengprov PBVSI Jabar, Jalan Lodaya Kota Bandung, Kamis (18/4/2024).

    Selain menjadi ajang seleksi, lanjut Agus, pelaksanaan kejurda merupakan salah satu agenda pembinaan berkelanjutan yang dilakukan PBVSI Jabar. Atlet-atlet bola voli yang akan tampil di ajang kejurda antar klub U-17 tersebut diharapkan bisa menjadi pelapis atlet-atlet senior di masa yang akan datang.

    “Kejurda kali ini pun menjadi salah satu cara kita (PBVSI Jabar) menginventarisir klub-klub bola voli anggota PBVSI kota/kabupaten yang aktif melakukan pembinaan sekaligus mengumpulkan data pemain bola voli asal kota dan kabupaten di Jabar,” Agus menjelaskan.

    fokusjabar.id kejurda bola voli PBVSI Jabar
    (FOTO: Istimewa/WEB)

    Sementara Ketua Panitia Pelaksana Kejurda Bola Voli antar Klub U-17 se-Jabar ‘Piala Gubernur’ Tahun 2024, Benny Hidayat mengatakan, pemain yang mengikuti pelaksanaan kejurda kali ini maksimal kelahiran 1 Januari 2007. Selain itu, klub yang mendaftar sebagai peserta harus merupakan anggota dari pengcab PBVSI kota/kabupaten setempat dan dibuktikan dengan surat rekomendasi.

    “Total tim yang sudah terdaftar mengikuti pelaksanaan kejurda kali ini sebanyak 48 klub yang terbagi di kelompok putra sebanyak 26 tim dan 22 tim di kelompok putri. Mereka merupakan perwakilan dari 15 pengcab PBVSI kota dan kabupaten di Jabar,” kata Benny.

    Untuk kelompok putra, lanjut Benny, akan dibagi dalam 8 pool/grup dan kelompok putri dibagi 6 pool/grup. Mereka akan menjalani babak penyisihan grup untuk masuk ke babak delapan besar yang menggunakan sistem gugur.

    “Untuk babak penyisihan grup di kelompok putra akan dilaksanakan di GOR Persada, sedangkan kelompok putri di GOR Saparua. Sementara untuk babak delapan besar hingga final, baik putra maupun putri, akan digelar di GOR Pajajaran. Kejurda sendiri rencananya akan dibuka Pak Pj Gubernur Jabar di GOR Saparua pada 20 April,” Benny menuturkan.

    Sesuai dengan tujuan pelaksanaan kejurda, kata Benny, akan dipilih tim terbaik yang menjadi wakil Jabar di ajang kejurnas bola voli antar klub U-17 tahun 2024. Rencananya, tim yang melaju ke babak semifinal di kelompok putra maupun putri akan menjadi wakil Jabar di ajang kejurnas tersebut.

    “Jadi selain trofi dan piagam penghargaan, tim semifinal putra dan putri akan jadi wakil Jabar di ajang kejurnas. Kita (melalui PBVSI Jabar) sudah mengajukan kuota empat tim di putra dan putri ke PP PBVSI untuk bisa tampil di kejurnas,” Benny menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img