spot_img
Rabu 1 Mei 2024
spot_img
More

    Antisipasi Gagal Panen di Jabar, Kementan Siapkan Sistem Pompanisasi

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kementerian Pertanian (Kementan) akan melakukan antisipasi potensi gagal panen pada April hingga Mei 2024 mendatang dengan memaksimalkan produksi sawah tadah hujan dan padi gogo melalui pompanisasi. 

    Gagal panen tersebut terjadi karena prakiraan BMKG setelah Mei curah hujan akan terus menurun. Hal tersebut akan mempengaruhi panen raya nanti. 

    Kementerian Pertanian sudah mengalokasikan bantuan pompanisasi sebanyak 2.500 titik untuk akselerasi perluasan tanam sawah tadah hujan di Jabar. 

    BACA JUGA: Pendapatan dari Pajak Kendaraan Bermotor di Jabar Tembus Rp 15 M selama Libur Lebaran

    Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin menyampaikan perlunya peningkatan produksi sawah tadah hujan untuk mengejar target produksi gabah sebanyak 11 juta ton lebih tahun ini. 

    “Perlu ada instrumen untuk menjaga ketersediaan air antara lain dengan pompanisasi. Namun penerima pompanisasi harus jelas dan sesuai target sehingga saya meminta pemerintah kabupaten/kota membuat pemetaan lahan dan lokasinya,” ujar Bey. 

    Menurutya, perlu koordinasi dengan pihak TNI/Polri untuk menjaga program pompanisasi. Untuk pengawasan setiap pompanisasi harus GPS, agar pengawasan secara digital.

    “Maksimalkan juga resi gudang dan pusat distribusi Jabar sebagai instrumen pengendalian stok dan harga pangan, ” kata dia. 

    Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian Komjen Setio Budi mengatakan, TNI dan kementerian sudah bekerja sama untuk program pompanisasi, termasuk untuk wilayah Jabar yang kebagian 2.500 titik. 

    Sebanyak 201.702,6 hektare sawah tadah hujan serta beberapa sawah irigasi akan menjadi sasaran dari pompanisasi tersebut sesuai prioritasnya sehingga ia meminta Pemprov Jabar segera menyampaikan peta lokasi dan lahan petani mana saja yang berhak mendapatkan pompanisasi. 

    “Saya berharap ada akselerasi di Jabar sebab hingga 15 April 2024, dari total luas lahan sawah tadah hujan itu hanya 5.630 hektare yang sudah mulai percepatan tanam, jumlahnya masih sangat kecil,” kata Setio Budi. 

    Antisipasi Gagal Panen Tindaklanjuti Kabupaten/Kota

    Sekda Provinsi Jabar Herman Suryatman meminta Bupati/Wali Kota di Jabar sesegera mungkin menindaklanjuti kebutuhan Kementerian Pertanian, khususnya terkait peta lahan penerima bantuan pompanisasi. 

    “Baru 1.300 titik yang sudah terealisasi untuk 13.000-an hektare lahan. Kementerian Pertanian bahkan  siap jika Jabar menambah kebutuhan pompanisasi hingga 5.000 titik,” kata dia.

    BACA JUGA: Puncak Arus Balik di Jabar Terkendali

    Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif yang hadir dalam rakor meminta 44 titik pompanisasi untuk areal lahan tadah hujan di wilayahnya. Selain itu, Arsan berharap ada perbaikan saluran irigasi sawah karena banyak yang rusak. 

    Hal yang sama disampaikan Pj Bupati Sumedang Tuti Ruswati.  Pihaknya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sudah melaksanakan pompanisasi pada 200 ha lahan sawah, namun masih membutuhkan tambahan program pompanisasi dari Kementerian Pertanian. 

    “Kami juga meminta bantuan Pemprov Jabar memperbaiki Bendung Cariang di Kecamatan Ujung Jaya yang kondisinya sudah mulai rusak. Bendung ini sangat vital bagi pengairan saluran irigasi di Sumedang,” kata Tuti. 

    (Budiana Martin/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img