spot_img
Rabu 24 Juli 2024
spot_img
More

    Pemkab Garut dan Universitas Pancasila Bersinergi Atasi Dampak Perubahan Iklim

    GARUT,FOKUSJabar.id: Pemkab Garut Jawa Barat (Jabar) menerima audiensi Universitas Pancasila terkait rencana program untuk lokasi fokus di Hulu Sungai Cimanuk dan semua Desa sekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk.

    Audiensi tersebut diterima Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Garut, Budi Gan Gan Gumilar di Ruang Rapat Bupati, Senin (25/3/2024).

    BACA JUGA: Luar Biasa, Guru SDN di Wanaraja Garut Santuni 291 Anak Yatim

    Budi Gan Gan menyambut baik kunjungan Universitas Pancasila sebagai upaya kolaborasi dalam pembangunan Garut.

    Dia menjelaskan, Universitas Pancasila bersama Green Climate Fund (GCF) akan membantu pelestarian lingkungan di daerah tersebut. Kerja samanya akan dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) serta persiapan data yang dibutuhkan.

    “Sekarang sudah hadir di sini. Mudah-mudahan ini menjadi kerja sama yang baik dan ke depan Garut semakin hijau lagi,” kata Budi.

    Direktur Inovasi dan Pengembangan Usaha Universitas Pancasila, Setia Damayanti mengatakan, pendanaan dari GCF merupakan tindak lanjut dari riset dan pengabdian masyarakat.

    Tujuan program yang akan dilaksanakan di hulu Sungai Cimanuk untuk mengatasi aliran air yang terlalu cepat guna mencegah banjir serta memunculkan kembali mata air untuk mengatasi masalah kekeringan.

    BACA JUGA:

    6 Rumah di Pasirwangi Garut Kebakaran, Ini Penyebabnya

    Program ini direncanakan akan disubmit ke Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan RI pada akhir Maret. Pelaksanannya 7 tahun dan manfaatnya dapat dirasakan selama 20 tahun.

    “Salah satu output yang diharapkan adalah pemulihan hutan di gunung serta kesejahteraan masyarakat melalui keamanan pangan (food securty), pertanian, perkebunan, perikanan dan penyelesaian masalah sampah,” katanya.

    (Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img