spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Stabilkan Harga Sembako, Pemkot Tasikmalaya Buka Sejumlah Gerai Pasar Murah

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Pemkot Tasikmalaya gencar melakukan pasar murah pada bulan Ramadan dengan membuka gerai pasar murah di beberapa titik di Kota Tasikmalaya. 

    Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengatakan, gerai pasar murah ini akan menyediakan komoditi bahan pokok mulai dari beras, telur, minyak sayur, daging, cabai gas dan sayur-sayuran dengan harga murah dan terjangkau, di bawah harga pasar, ditengah harga-harga kebutuhan pokok yang terus meroket. 

    “Kami bersama Bank Indonesia Tasikmalaya, Perum Bulog, Pertamina serta stakeholder lainnya menggelar pasar rakyat murah, agar masyarakat dapat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang murah dan terjangkau pasalnya saat ini, sejumlah kebutuhan pokok di pasaran harganya terus melonjak,” Cheka saat launching Pasar Murah Rakyat (PMR) tingkat Kota Tasikmalaya di halaman Kantor Kecamatan Tawang, jalan Siliwangi Kota Tasikmalaya Rabu (21/3/24).

    BACA JUGA: 3 Warga Cibatu Garut Diserang Kera Liar, 1 Orang Tewas

    Ia menjelaskan, seperti biasa, acak kali menghadapi bulan Ramadhan dan idul fitri, harga-harga kebutuhan pokok masyarakat di pasar pasti melonjak tinggi sehingga, dengan Pasar Murah Rakyat ini, harga dapat distabilkan.

    “Pasar murah ini, untuk menanggulangi tingginya harga-harga kebutuhan pokok masyarakat, di sini masyarakat dengan mudahnya mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga murah dan sangat terjangkau,” kata dia.

    Lanjut ia, selain upaya dalam pengendalian harga-harga pangan masyarakat, pasar murah rakyat ini juga sebagai upaya pemerintah Kota Tasikmalaya dalam mendukung Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Indonesia.

    Cheka menambahkan, kedepannya, Pemkot Tasikmalaya segera membuka gerai-gerai inflasi di seluruh Kantor Kecamatan yang ada di wilayah Kota Tasikmalaya.

    “Kalau pasar murah rakyat ini kan sifatnya insidentil, hanya berjalan beberapa waktu, tapi kalau gerai-gerai inflasi, itu akan berjalan selamanya di seluruh Kantor Kecamatan se-Kota Tasikmalaya,” kata di.

    Lebih lanjut ia mengatakan, gerai-gerai inflasi yang ada di kecamatan, akan menyediakan sejumlah komoditas pangan pokok masyarakat dengan harga di bawah harga pasar dan terjangkau. 

    “Jadi, kalau kebutuhan pokok di pasar tradisional harganya sedang meroket, masyarakat silahkan datang ke gerai inflasi yang ada di kantor kecamatan, karena disana juga tersedia berbagai kebutuhan pokok masyarakat dengan harga lebih murah dari harga pasar,” katanya.

    BACA JUGA: Jelang Lebaran BI Tasikmalaya Siapkan Uang Baru Sebesar Rp 1,97 T

    Ia mengatakan, untuk membuka gerai-gerai inflasi di seluruh Kantor Kecamatan, akan bekerjasama dengan stakeholder lainnya.

    “Kita akan menggandeng Perum Bulog, kelompok wanita tani (KWT), termasuk pasar ritel modern seperti Plaza Asia, Lottemart, Tasco, Transmart dan lainnya sehingga, apa yang dibutuhkan masyarakat semua ada di gerai tersebut,” pungkasnya. 

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img