spot_img
Selasa 21 Mei 2024
spot_img
More

    Ciamis Raih Adipura Kencana, Netizen: ‘Naikan Gaji Pasukan Ungu’

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Raihan penghargaan Adipura Kencana yang diraih Kabupaten Ciamis masih menjadi perbincangan hangat warga Tatar Galuh Ciamis termasuk di sosial media (sosmed) hal itu masih menjadi bahasan. Para netizen memuji kinerja dari pasukan ungu.

    Seperti diketahui bahwa pasukan ungu merupakan petugas kebersihan yang ditugaskan oleh Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis.

    BACA JUGA: Ratusan Warga Ciamis Antre Sembako Murah

    Peran mereka terbilang sangat sentral atas keberhasilan Ciamis meraih penghargaan Adipura Kencana dari Presiden Indonesia Joko Widodo melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pasalnya pasukan ungu sudah bekerja membersihkan jalanan sejak pukul 03.00 pagi WIB.

    Hal itu mendapat apresiasi dari netizen khusunya para pegiat sosmed di Ciamis banyak yang memuji kinerja dari pasukan ungu. Seperti dilihat dari akun instagram @ciamis.info yang beberapa waktu memposting foto pasukan ungu sedang memegang piala Adipura Kencana.

    “Naikin gaji nya buat pasukan ungu, terimakasih sudah bekerja keras pasukan ungu,” tulis netizen.

    “Manyala abang-abang, mbak-mbak,” tulis netizen.

    “Terimakasih pasukan ungu dan semua yang telah berjasa,” tulis netizen.

    BACA JUGA: Piala Diarak Keliling Ciamis, Apa Sih Adipura Kencana? Berikut Penjelasannya

    “Pasukan ungu sudah menjadi pahlawan, warga ciamis harus mampu menjaga Ciamis tetap bersih, ngga buang sampah sembarangan,” tulis netizen.

    “Terimakasih pasukan ungu kalian lah yang berhak menerima Adipura,” tulis netizen.

    Sebagai informasi, penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dari Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (5/3/2024).

    Lalu di Ciamis, piala Adipura Kencana itu langusng diarak keliling kota dan dipamerkan di Pendopo Bupati Ciamis masyarakat sangat antusias meng menyabut dan berswafoto dengan piala tersebut.

    Masyarakat Ciamis juga sangat bangga pasalnya anugrah penghargaan Adipura Kencana tersebut bari pertamakali diraih oleh Kabupaten di Jawa Barat.

    Oleh karena itu, Bupati Ciamis menegaskan bahwa penghargaan tersebut didedikasikan untuk seluruh masyarakat Ciamis atas kesadaran mereka mengelola sampah yang berkelanjutan.

    “Kalau di daerah lain biaya untuk mengelola sampah itu tinggi, tapi di Ciamis tidak alhamdulillah masyarakat sadar untuk menangani sampah hal itu yang menjadi pendukung Ciamis meraih Adipura Kencana,” kata Herdiat.

    Dia mengungkapkan, Ciamis tercatat pernah meraih 11 kali penghargaan Adipura akan tetapi Adipura Kencana ini menjadi penghargaan yang paling tinggi sehibgga pialanya diarak keliling kota.

    “Di Ciamis ini sampah juga bisa menjadi duit. Yang anorganik bisa ditabung di bank sampah, yang organik bisa jadi maggot pakan ternak,” jelasnya.

    Sementara itu, Kepala DPRKPLH Ciamis Taufiq Gumelar mengatakan, perolahan Adipura Kencana itu merupakan peran besar Bupati Ciamis atas regulasi pengelolaan sampah yang telah dijalankan dari mulai bank sampah, inovasi pengelolaan sampah serta penataan TPA sampah.

    “Dalam penilaian itu kita dinilai bagaimana agar masyarakay bisa ikut pernah serta pengelolaan sampah. Dalam hal itu kita sangat diunggulkan,” kata dia.

    (Fauza/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img