spot_img
Kamis 2 Mei 2024
spot_img
More

    Pemkot Bandung Bakal Antisipasi PMKS Musiman Jelang Bulan Suci Ramadhan

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan terus berupaya mengantisipasi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) atau pengemis musiman pada bulan suci Ramadhan.

    Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Ema Sumarna mengaku, sering mendapatkan keluhan dari masyarakat tentang aksi PMKS yang meresahkan di perempatan jalan.

    BACA JUGA:

    2 Rumah Makan di Cibadak Kota Bandung Dilalap Si Jago Merah

    “Ya kemarin kan kita sudah rapat koordinasi, nanti Dinas Sosial dan Satpol PP itu juga harus menjadi sesuatu yang kita tertibkan. Banyak keluhan masyarakat yang diterimanya yaitu banyak pengemis yang meminta-meminta secara memaksa. Bahkan terdapat pengguna jalan yang dicakar oleh pengemis karena tak memberikan uang,”kata Ema di Balai Kota  Jalan Wastukencana Kota Bandung Jabar  Rabu (6/3/2024).

    Selain itu, ia mengaku mendapat keluhan tentang pengamen yang meminta paksa kepada wisatawan di Jalan Braga atau Jalan Asia Afrika. Kondisi tersebut membuat para pengunjung tidak nyaman berkunjung ke Kota Bandung.

    Ema menegaskan pihaknya ingin semua pihak untuk tertib aturan termasuk akan melakukan penertiban terhadap PMKS yang menganggu kenyamanan.

    BACA JUGA:

    Buruan Daftar, Itenas Bandung Membuka 5 Jalur Pendaftaran Mahasiswa Baru

    “Jangan sampai memberikan ancaman kepada orang lain, memaksakan kepada orang lain. Nah makanya saya mintakan kepada satpol PP patroli harus optimalkan, jangan hanya di tengah kota hungkul ya di tempat-tempat lain juga harus dilakukan, ya,” ucapnya.

    Setelah dilakukan penertiban, ia mengaku para PMKS akan dilakukan pembinaan. Mereka yang berasal dari luar kota Bandung akan dikembalikan ke daerah masing-masing.

    Ia pun meminta agar masyarakat tidak memberikan uang kepada pengemis. Sebab di dalam aturan tidak diperbolehkan dan dapat dikenakan sanksi.

    Sementara itu, Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos Kota Bandung Irfan Alamsyah mengatakan, tim terus melakukan pengawasan di sejumlah titik rawan PMKS. Terdapat 25 titik rawan dengan kehadiran PMKS “nah, itu di 25 titik ya,”kata Irfan

    Irfan menyebut, titik-titik tersebut diantaranya yaitu di wilayah Jalan Ahmad Yani, Jalan Laswi, seputaran Samsat, Gedebage. Pasirkoja, Jalan Asia Afrika dan Alun-Alun Kota Bandung.

    “(PMKS) ada sebagian dari luar kota Bandung, ada juga warga Kota Bandung,”ucapnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img