spot_img
Senin 6 Mei 2024
spot_img
More

    Kota Tasikmalaya Raih Anugerah Sertifikat Adipura

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Kota Tasikmalaya Jawa Barat (Jabar) kembali meraih penghargaan tingkat nasional dalam Bidang Lingkungan Hidup tahun 2024. Yakni, Sertifikat Adipura 2023.

    Penghargaan tersebut diserahkan langsung Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Alue Dohong kepada Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah di Auditorium Dr. Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian LHK, Jalan Pejompongan Raya Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2024).

    BACA JUGA:

    Pj Bupati Garut: Beras Aman Hingga Pasca-Lebaran

    Cheka menerima penghargaan Anugerah Sertifikat Adipura sebagai Kepala Daerah yang memiliki upaya atas kinerja pengelolaan sampah dan Ruang Terbuka Hijau Wilayah Kota Tahun 2023.

    Dalam Penghargaan Anugerah Sertifikat Adipura 2024, dari 27 Kabupaten/Kota di Jabar, hanya empat daerah yang mendapatkan penghargaan Sertifikat Adipura. Yakni, Kota Tasikmalaya, Kota Bekasi, Kabupaten Indramayu dan Kuningan.

    Penghargaan Anugerah Adipura merupakan program Kementerian LHK RI yang diberikan bagi kota di Indonesia yang berhasil menjaga kebersihan serta pengelolaan lingkungan Perkotaan.

    Pj Wali Kota Tasikmalaya, Cheka Virgowansyah mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh stakeholder dan masyarakat yang telah berpartisipasi dalam menjaga seklaigus mendukung program pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan.

    “Ini kerja sama dan kolaborasi seluruh stakeholder dan elemen masyarakat dalam melakukan pengelolaan sampah dari sumbernya dengan baik,” kata Cheka Virgowansyah.

    Ia menjelaskan, raihan penghargaan Sertifikat Adipura menjadi semangat bersama dalam mewujudkan Kota Tasikmalaya terbebas dari permasalahan sampah.

    BACA JUGA:

    Kabupaten Ciamis Raih Anugerah Adipura Kencana 2024, Herdiat: Pertahankan!

    “Mari kita bersama bekerja keras dan berkomitmen untuk mewujudkan lingkungan hidup yang lebih baik, bersih dan sehat. Pentingnya pengelolaan sampah bagi keberlangsungan ekosistem lingkungan,” ujarnya.

    Cheka mengaku, sejumlah program Pemerintah Kota Tasikmalaya pun sudah diluncurkan. Harapannya, optimalisasi pengelolaan sampah dari hulu ke hilir bisa berkelanjutan dan terwujud.

    “Optimalisasi program pengelolaan sampah harus berkelanjutan. Termasuk tingkat kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan harus terus ditingkatkan demi mewujudkan lingkungan yang lebih baik, bersih, sehat dan berkelanjutan,” harapnya.

    Penanganan sampah menjadi salah satu indikator kinerja tematik Pemerintah Kota Tasikmalaya tahun 2024. Sehingga menjadi komitmen Pemda untuk membangun lingkungan.

    “Ini keseriusan kita bersama untuk membangun dan menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih. Membangun lingkungan bukan sebatas membangun harapan, melainkan semangat untuk membangun masa depan kita,” ujarnya.

    Cheka menuturkan, strategi ke depan dalam mengatasi dan menangani permasalahan sampah yakni meningkatkan koordinasi dan kolaborasi di tataran kewilayahan (Camat dan lurah).

    “Koordinasi dengan kewilayahan setempat menjadi prioritas kita guna mengurangi permasalahan sampah. Kita mulai pengurangan sampah dari rumah tangga,” pungkasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img