spot_img
Jumat 10 Mei 2024
spot_img
More

    BJBPreneur on Campus Universitas Esa Unggul: Merancang Konsep Sustainability Business Untuk Entrepreneur

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Pelaku usaha global saat ini semankin menyoroti konsep sustainability business (bisnis berkelanjutan). Dalam upaya mewujudkan Future for Sustainability, bank bjb melalui bjbPreneur, mendorong pelaku atau yang baru memulai usaha untuk terjun menjadi pemain dalam bisnis berkelanjutan.

    Di antaranya Akademisi dari DKI Jakarta dan Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dari peserta sebanyak 250 orang ikut andil pada talkshow bjbPreneur on Campus dengan tema “Bisnis Berkelanjutan, UMKM Maju”. Talkshow tersebut membahas secara mendalam tips-tips membangun bisnis berkelanjutan untuk UMKM. 

    Bertempat di Universitas Esa Unggul (UEU), Jakarta Barat, Selasa (27/2/2024). Talkshow tersebut merupakan bagian dari rangkaian program sosialisai bjbPreneur: Future for Sustainability 2024. Kegiatan itu merupakan bentuk peran aktif komitmen bank bjb dalam melahirkan wirausaha baru yang bergerak dalam bisnis berkelanjutan. 

    Di samping itu, para peserta juga dimanjakan belasan UMKM binaan JakPreneur Provinsi DKI Jakarta. Mereka menawarkan berbagai produk kuliner, fashion, dan kerajinan tangan ciamik. 

    Tengku Mazira memandu sesi Talkshow dengan para pembicara Ketua Program Studi Doktor Ilmu Manajemen Universitas Esa Unggul Edi Hamdi, CEO Gringgo Tech Febriadi Pratama dan Tantri Yanuar Rahmat Syah. 

    Pada kesempatan itu juga hadir Pemimpin Divisi Kredit UMKM bank bjb Denny Mulyadi dan PLT CEO Regional 2 bank bjb Agung Subagja.

    Agung Subagja dalam sambutannya mengatakan, inisiatif revolusioner dari bank bjb bertujuan menghidupkan semangat kewirausahaan di kalangan usaha kecil dan menengah (UKM).

    “Yang berfokus pada inovasi, keberlanjutan, dan pola pikir wirausaha yang tangguh,” ujarnya.

    Inovasi Berkelanjutan Dengan Daya Saing Global

    Agung Subagja berharap bjbPreneur dapat menghasilkan empat hal. Yakni menciptakan lingkungan, merangsang kreativitas dan pengembangan ide-ide baru. Kemudian menghasilkan integrasi elemen berjiwa muda dan berdaya saing global.

    “Juga hasil dari bjbPreneur merespons semangat generasi muda yang ingin menantang status quo. Selanjutnya pembentukan generasi wirausaha yang tangguh dan berdampak nyata,” jelas Agung.

    Dengan demikian lanjut Agung,  bjbPreneur pada akhirnya akan menghasilkan inovasi, pembangunan berkelanjutan dan daya saing global.

    “Tujuan dari semua itu pada akhirnya terjadi pertumbuhan bisnis UMKM dan Pembangunan ekosistem UKM. Kemudian peningkatan dampak ekonomi lokal, mengakomodasi inovasi wirausaha muda, dan tentunya upaya berkelanjutan bank bjb,” ucapnya.

    Mengakhiri sambutannya Agung mengajak peserta menyimak informasi terkait bjbPreneur. Kemudian apa saja persyaratan untuk mengikuti program inkubasi dari Manajer Sentra UMKM Wilayah II bank bjb Sonny Eko Hendarto. 

    Sementara itu, Rektor Universitas Esa Unggul Dr. Ir. Arief Kusuma Kusuma Among Praja menyambut gembira program bjbPreneur: Future for Sustainability 2024 dan selalu mendukung kewirausahaan (entrepreneurship) di Indonesia. 

    “Hal itu sesuai dengan tagline (slogan) UEU, yaitu Smart, Creative, dan Entrepreneurial. Selalu berusaha untuk dapat melahirkan banyak wirausaha muda yang smart, creative dan innovative,” ujarnya melalui Tantri Yanuar Rahmat Syah.

    Tantri menambahkan, pihaknya menyambut baik program bjbPreneur dari bank bjb.

    “Program ini luar biasa, kemudian kami di Esa Unggul memang berharap seperti ini.  Kalau bisa sebagian besar alumni kita 10% saja, menjadi entrepreneur,” ujarnya.

    Ekosistem Kolaborasi bjbPreneur

    Acara berlanjut dengan presentasi dari Sonny Eko Hendarto. Mengenai ekosistem kolaborasi bjbPreneur. Mulai dengan perguruan tinggi kemudian komunitas UMKM dan juga ada binaan BUMN serta dengan bank bjb.

    Sonny menyebut, anak muda sekarang banyak yang bercita-cita ingin menjadi entrepreneur.

    “Nanti akan lahir para entrepreneur, para pelaku usaha, para UMKM yang hebat. Tentu saja mereka memiliki kapasitas dan kemampuan di bidangnya,” ungkapnya.

    Benefit dari Program BJBPreneur on Campus Universitas

    Sony mengungkapkan program bjbPreneur memiliki banyak benefit. Kemudian juga ada bootcamp, mentoring, dan juga dengan juri-juri yang luar biasa.

    Menurut Sony Fokus bjbPreneur yakni menciptakan womenpreneur, agripreneur dan digipreneur. BjbPreneur 2024 merupakan salah satu program unggulan bank bjb di tahun ini. 

    Harapannya program tersebut berkelanjutan. Sony menyampaikan, ini merupakan program untuk memunculkan para UMKM baru, startup, atau wirausaha baru yang nantinya juga akan menjadi salah satu penyokong perekonomian di Indonesia.

    Lahirkan Pebisnis Berkelanjutan

    Dalam era modern ini, konsep bisnis berkelanjutan semakin menjadi sorotan di kalangan pelaku usaha. Sustainability business (bisnis berkelanjutan) merujuk pada praktik bisnis yang memperhatikan dampak sosial, lingkungan, dan ekonomi jangka panjang. 

    Namun, seringkali ada kebingungan tentang apa sebenarnya maksud dari konsep ini dan bagaimana mengintegrasikannya ke dalam operasi bisnis sehari-hari. Efisiensi bisnis adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menggunakan sumber daya yang tersedia secara optimal guna mencapai tujuan bisnisnya. 

    Dalam konteks yang lebih luas, efisiensi bisnis juga mencakup upaya untuk mengurangi limbah, menghemat energi dan meningkatkan produktivitas dengan cara yang berkelanjutan. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi bisnis adalah melalui digitalisasi. 

    Dengan menerapkan teknologi digital, perusahaan dapat mengoptimalisasi proses-proses internal, meningkatkan akurasi data, dan mengurangi waktu serta biaya produksi.

    Sustainability Busines

    Sustainability business tidak hanya mencakup aspek ekonomi, tetapi juga memperhitungkan dampak lingkungan dari aktivitas bisnis. Dalam pandangan ini, bisnis berkelanjutan bukan lagi hanya tanggung jawab sosial perusahaan, melainkan sebuah strategi yang dapat meningkatkan daya saing dan merespons tuntutan global untuk menjaga kelestarian lingkungan. 

    Oleh karena itu, pemahaman tentang bagaimana perusahaan dapat secara efektif menggabungkan digitalisasi dengan prinsip-prinsip keberlanjutan menjadi sangat penting untuk mencapai tujuan bisnis yang berkelanjutan dan tangguh di masa depan. 

    Permasalahan-permasalahan tersebut dikupas tuntas dalam talkshow yang mengambil tema Merancang Konsep Sustainability Business Untuk Entrepreneur.

    Seusai acara para narasumber berkesempatan meninjau pameran UMKM yang digelar oleh panitia. 

    Pendaftaran program bjbpreneur sampai dengan tanggal 10 Maret 2024. Melalui aplikasi bjb DiSentra bank bjb yang dapat di unduh melalui Google Play Store dan App Store Apple. Kemudian pada kesempatan ini, bersama-sama mari wujudkan visi untuk menciptakan ekosistem UMKM yang tangguh, berkelanjutan, dan bermakna.

    (Press Release Bank BJb/Irfansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img