spot_img
Sabtu 20 April 2024
spot_img
More

    BRI Tasikmalaya Berikan Bantuan Alat Medis ke PMI Senilai Rp500 Juta

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Bentuk dukungan lembaga perbankan dalam mendorong peningkatan pelayanan kesehatan berupa donor darah, Bank BRI Cabang Tasikmalaya memberikan bantuan satu unit alat medis pemisah darah (Refrigerated Centrifuge).

    Melalui program CSR BRI, bantuan Refrigerated Centrifuge senilai Rp500 juta tersebut diberikan kepada Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tasikmalaya.

    Pemberian bantuan tersebut tepat di HUT ke-3 UDD PMI Kota Tasikmalaya.

    BACA JUGA: Musrenbang BPBD Kota Tasikmalaya, Tahun Ini Prioritaskan Bangun Gedung Senilai Miliaran Rupiah

    Penyerahan alat Refrigerated Centrifuge diserahkan langsung Pimpinan Cabang BRI Tasikmalaya, Agung Prasetyo kepada Ketua PMI Kota Tasikmalaya, Rahmat Kurnia di acara HUT UDD PMI Kota Tasikmalaya di Aula Bappelitbangda, Komplek Balekota Tasikmalaya Selasa (20/2/2024).

    “Ini bentuk dukungan dan perhatian BRI Tasikmalaya untuk mensupport UDD PMI Kota Tasikmalaya dalam meningkatkan layanan kesehatan donor darah bagi masyarakat luas khususnya di wilayah Kota Tasikmalaya,” ungkap Agung Prasetyo kepada wartawan Selasa (20/02/24).

    Ia menjelaskan, komitmen BRI terus bergerak untuk membangun negeri melalui berbagai bantuan dan program perusahaan kepada masyarakat maupun lembaga lainnya.

    BACA JUGA: Pemerhati Sosial Asep M. Tamam Pertanyakan, Kepedulian Aktivis Lingkungan Dan Pemerintah Dalam Mengatasi Sampah di Kota Tasikmalaya

    “Bantuan ini bagian tanggung jawab perusahaan terhadap masyarakat dan lingkungan, BRI tidak hanya konsen dalam pengembangan sektor UMKM dan sektor ekonomi sosial masyarakat lainnya, namun perusahaan pun peduli terhadap derajat kesehatan masyarakat melalui program bantuan alat Refrigerated Centrifuge ke PMI Kota Tasikmalaya,”jelasnya.

    Ditambahkan, perusahaan tentu memiliki tanggung jawab sosial untuk membangun dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sehingga, BRI pun konsen membantu dalam bidang kesehatan.

    “Kita tidak hanya berorientasi pada bisnis perusahaan, tapi ketika ada kesempatan untuk berkontribusi dalam bidang kesehatan maupun sosial lainnya tentu kita akan support dan bantu,”paparnya.

    “Kita ketahui, bahwa kebutuhan darah saat ini merupakan hal yang sangat penting dan dibutuhkan, dan muda-mudahan alat ini dapat mempercepat proses donor darah sekaligus mempercepat pelayanan permintaan dan kebutuhan donor darah di UDD PMI Kota Tasikmalaya,”harapnya.

    Sementara Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat (Jabar) Rahmat Kurnia mengungkapkan, bantuan alat pemisah darah merah dan putih (Refrigerated Centrifuge) dari Bank BRI Tasikmalaya, tentu akan membantu kecepatan pelayanan darah di PMI.

    “Alat ini sangat membantu UDD untuk mempercepat dalam memisahkan komponen darah merah dan darah putih, biasanya dengan cara konvensional butuh waktu 15 sampai 16 jam, namun dengan menggunakan alat Refrigerated Centrifuge ini, hanya dengan waktu 5 menit, pemisahan sudah sudah selesai,”ungkap Rahmat Kurnia Selasa (20/02/24).

    Ia menuturkan, hadirnya Refrigerated Centrifuge ini mampu menunjang kelancaran dan ketepatan waktu UDD PMI dalam melayani permintaan dan kebutuhan darah masyarakat Kota Tasikmalaya.

    “Ini sangat memperlancar pelayanan kebutuhan darah, terutama bagi para pasien yang memerlukan transfusi darah secara cepat atau urgent seperti untuk operasi dan lainnya,”terangnya.

    Dirinya pun mengapresiasi dan berterimakasih kepada pihak BRI Tasikmalaya, yang sangat peduli terhadap kegiatan kemanusiaan.

    “Pelayanan darah ini, merupakan kegiatan kemanusiaan yang sangat mendasar untuk keselamatan nyawa manusia,”tandasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img