spot_img
Rabu 21 Februari 2024
spot_img
More

    Pj Wali Kota Tasikmalaya Instruksikan Puskesmas Buka 24 Jam

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Pemerintah Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat (Jabar) gelar rakor persiapan pemilu serentak 2024 untuk kelancaran pelaksanaan pemilu.

    Rakor bersama unsur forkompimda Kota Tasikmalaya Kapolres Tasikmalaya, Komandan Kodim 0612/Tasikmalaya kejaksaan bersama sejumlah kepala Dinas di lingkungan Pemkot Tasikmalaya, Bawaslu serta KPU Kota Tasikmalaya, yang digelar di Mapolres Tasikmalaya Kota Senin (12/02/24).

    BACA JUGA: Wabup Pangandaran Monitoring Pergeseran Logistik Pemilu 2024

    “Hari ini kita Rakor Persiapan Pemilu bersama para stakeholder Kota Tasikmalaya Bawaslu, KPU, Polres Tasikmalaya Kota, Dandim 0216/Tasikmalaya, Kejaksaan serta sejumlah Kepala OPD di Pemerintahan Kota Tasikmalaya, untuk persiapan menghadapi pencoblosan 14 februari mendatang,”ungkap Cheka Virgowansyah kepada wartawan di Mapolres Tasikmalaya Senin (12/02/24).

    Pemerintah Kota Tasikmalaya bersama elemen lainnya, harus terus berkoordinasi dan berkolaborasi untuk mengecek kembali hal-hal yang dibutuhkan dan memastikan bahwa pelaksanaan pemilu serentak di Kota Tasikmalaya dapat berjalan lancar, nyaman dan kondusif,”ujar Cheka.

    Ia menjelaskan, kesiapan seluruh stakeholder dalam proses pemilu sangat dibutuhkan khususnya penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu supaya pemilu khususnya di Kota Tasikmalaya berlangsung sesuai ketentuan dan harapan.

    BACA JUGA: Jelang Ramadhan, Pemkot Bandung Pemkot Bandung Terus Berupaya Tekan Harga Beras Dipasaran

    “Saya kira kita semua harus berkonsentrasi untuk menghadapi pemilu 14 februari mendatang pasalnya, ini akan menentukan pemimpin bangsa dan masa depan bangsa Indonesia,”imbuhnya.

    Cheka pun memaparkan, akan melakukan sejumlah antisipasi bila terjadi hal-hal yang mungkin saja terjadi saat pencoblosan seperti cuaca hujan lebat.

    “Kita sudah mempersiapkan opsi-opsi yang akan diambil dan dilakukan bilamana ketika di hari H akan terjadi sesuatu, supaya pelaksanaan pencoblosan tidak terganggu dan terkendala,”paparnya.

    Ia menambahkan, terkait antisipasi jika petugas-petugas di TPS mengalami gangguan kesehatan, ini pun menjadi perhatian serius.

    “Kita sudah siapkan sebanyak 760 tenga kesehatan, yang terkoneksi langsung dengan Rumah Sakit Umum untuk membantu para petugas di TPS jika ada sakit atau mengalami gangguan kesehatan lainnya,”terangnya.

    “Tenaga kesehatan (medis), akan ditempatkan di setiap TPS dengan sejumlah peralatan medisnya, termasuk kendaraan ambulans, dan diintruksikan, seluruh Puskesmas di Kota Tasikmalaya harus beroperasi 24 jam, terutama dihari pencoblosan 14 februari mendatang,”ujarnya.

    Lebih Cheka menambahkan, untuk memberikan rasa aman dan nyaman di lokasi TPS, akan ditempatkan sejumlah personil kepolisian dan petugas ketertiban.

    “Ada personil kepolisian dari Polres Tasikmalaya Kota yang dibantu dari tenaga linmas yang akan menjaga keamanan dan ketertiban di setiap TPS, disiapkan 640 personil kepolisian dan 3.980 tenaga linmas untuk menjaga kelancaran di TPS,”ucapnya.

    “Dalam pemilu ini, khusus ASN, saya minta tetap menjaga dan mengedepankan netralitas, dan bagi masyarakat tetap menjaga kerukunan dan kebersamaan, walau berbeda pilihan, walaupun suasana memanas, tapi kepala tetap dingin,”pungkasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img