spot_img
Selasa 7 Mei 2024
spot_img
More

    Cibeureum Episentrum Tumbuhnya Ponpes di Kota Tasikmalaya

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id : Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya terus mendorong pembangunan infrastruktur di wilayah guna membangkitkan sektor-sektor ekonomi masyarakat.

    Dorongan tersebut dengan kebijakan pemerataan pembangunan di sejumlah wilayah kecamatan, sehingga sektor pertumbuhan ekonomi pun tumbuh merata.

    BACA JUGA: Pemkab Ciamis Gercep Bangun Rumah Eman Yang Ambruk

    Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah mengatakan, kemajuan di wilayah kecamatan merupakan barometer dan tolak ukur. Kemajuan secara keseluruhan tingkat Kota, sehingga ini perlu mendapat dorongan penuh.

    “Ada 10 kecamatan. Ini semuanya kita dorong pembangunannya agar sektor-sektor ekonomi masyarakat tumbuh. Kemudian berkembang merata, artinya tidak terpusat di suatu kecamatan saja,” ungkap Cheka Virgowansyah di Musrenbang Kecamatan Cibeureum, Selasa (30/1/2024).

    Ia menjelaskan, Kota Tasikmalaya saat ini menuju daerah yang berkembang sehingga, berbagai permasalahan yang sedang dihadapi dari kemajuan daerah.

    “Konsekwensi dari kemajuan kota, tentu memunculkan sejumlah permasalahan sosial. Seperti kemiskinan, persampahan, kebersihan, pengangguran termasuk masalah inflasi, ini tematik pemerintah Kota dalam melaksanakan pembangunan tahun 2024,”paparnya.

    Cheka mengaku, akan memberikan perhatian serius dan mendukung penuh rencana pemerintah kecamatan Cibeureum dalam merealisasikan program prioritas, guna kemajuan dan kesejahteraan masyarakatnya.

    Episentrum Pengembangan Pesantren dan Santri

    Sementara Camat Cibeureum, Rahman mengungkapkan, wilayahnya menjadi episentrum perkembangan pondok pesantren di Kota Tasikmalaya. Sehingga prioritas pembangunan di arahkan untuk kemajuan pesantren dan Santri.

    “Kelurahan Awipari salah satu Kelurahan yang ada di Cibereum, akan dibangun untuk menjadi daerah kampung santri. Menjadi program tematik di Cibereum, dan kampung ini menjadi wisata religi untuk menarik wisatawan religius,” ungkap Rahman Kepada wartawan fokusjabar.

    Ia mengaku, kelurahan Awipari ini merupakan usulan prioritas untuk dikembangkan. Sehingga, kantor Kelurahan ini harus dibangun agar lebih representatif untuk pelayanan publik.

    BACA JUGA: Panwascam Talegong Garut Gelar Press Release Tahapan Kampanye

    “Ini prioritas pembangunan kedepan, infrastruktur Awipari harus lebih baik. Karena di sini menjadi cerminan dan indentik Cibereum dengan ulama, santri dan pondok pesantren. Jadi kehidupan masyarakat di Awipari mencerminkan syiar Islam baik dari segi perilaku, busana maupun akhlaknya,” ujarnya.

    Ia meninta agar pemerintah Kota benar-benar ada perhatian serius untuk merealisasikan prioritas pembangunan di Kec.Cibereum. Yang menjadi episentrumnya santri, ulama dan pondok pesantren.

    “Kita inginkan, Cibereum tetap menjadi daerah yang mampu berkontribusi dalam membangun kesalehan umat dan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu, perencanaan pembangunan ke depan, Kec.Cibereum bisa mendapatkan porsi yang lebih terutama dalam masalah anggaran,” pungkasnya.

    (Seda/Irdansyahriza)

    Berita Terbaru

    spot_img