spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Mantap! Jabar Cetak Hattrick Juara Kejurnas Softball Junior U-19

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jawa Barat berhasil mencetak hattrick juara pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Softball Junior U-19, baik di kelompok putra maupun putri. Kepastian tersebut muncul setelah tim softball junior putra dan putri Jabar meraih gelar juara pada Kejurnas Softball Junior U-19 tahun 2024.

    Pada partai puncak Kejurnas Softball Junior U-19 tahun 2024 yang dilangsungkan di lapangan Softbal Lodaya Kota Bandung, Minggu (14/1/2024), tim softbal junior putri Jabar berhasil mengalahkan Banten dengan skor akhir 8-4. Sementara tim softball junior putra Jabar secara dramatis mengalahkan Lampung dengan skot tipis 9-8.

    Keberhasilan mengawinkan gelar di kelompok putra dan putri pada Kejurnas Softball Junior U-19 tahun 2024 sekaligus mencetak hattrick juara, disambut antusias Ketua Umum dan pengurus Perbasasi Jabar, masyarakat softball Jabar hingga Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana yang melihat secara langsung perjuangan para atlet. Keberhasilan ini pun diharapkan bisa dilanjutkan pada gelaran PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara pada September 2024 mendatang.

    “Saya melihat langsung perjuangan para atlet yang sangat luar biasa, semakin bangga dan mencintai olahraga ini. Kita berharap prestasi hattrick juara ini bisa terus dijaga dan ditingkatkan, termasuk pada gelaran PON XXI di Aceh dan Sumut pada September 2024 nanti,” kata Budiana usai acara penghargaan pemenang dan penutupan Kejurnas Softball Junior U-19 tahun 2024 di lapangan Softbal Lodaya Kota Bandung, Minggu (14/1/2024).

    fokusjabar.id hattrick juara softball
    Pertandingan final putra Kejurnas Softball Junior U-19 tahun 2024 antara Jabar (biru) versus Lampung (putih). (FOTO: Ageng)

    Ketua Umum Perbasasi Jabar, Achmad Nugraha Juanda mengatakan, gelar juara pada kejurnas kali ini sudah menjadi target dari pihaknya. Pasalnya, pada dua kali gelaran Kejurnas Softball Junior U-19 sebelumnya, Jabar pun berhasil mengukuhkan diri sebagai kampiun di putra maupun putri.

    “Meski persiapan kita cukup mepet, Alhamdulillah Jabar bisa mempertahankan gelar di putra maupun putri sekaligus mencetak hattrick juara. Ini berkat perjuangan dan kerja keras atlet, pelatih, ofisial tim serta seluruh jajaran pengurus dan masyarakat softbal Jabar,” kata Achmad.

    fokusjabar.id hattrick juara softball junior
    Atlet softball putra junior Jabar melakukan selebrasi usai memastikan kemenangan atas Lampung dengan skor 9-8 pada babak final Kejurnas Softball Junior U-19 tahun 2024. (FOTO: Ageng)

    Gelaran Kejurnas Softball Junior U-19 tahun 2024 ini, lanjut Achmad, menjadi ajang seleksi atlet untuk masuk sebagai bagian dari tim pelatda softbal PON XXI Jabar. Pasalnya, komposisi tim softbal Jabar untuk PON XXI masih menyisakan slot kosong yang harus segera diisi.

    “Ada beberapa atlet yang tidak bisa tampil di PON XXI mendatang sehingga kekosongan ini harus segera diisi sebelum kami melakukan pemusatan latihan daerah sebagai persiapan menghadapi PON XXI tahun 2024 mendatang,” kata dia.

    fokusjabar.id hattrick juara softball junior
    Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana menyerahkan trophy juara Kejurnas Softball Junior U-19 tahun 2024 pada tim putri Jabar. (FOTO: Ageng)

    Sementara untuk komposisi atlet dalam tim softball junior Jabar putra maupun putri, kata Achmad, tidak lagi didominasi atlet-atlet asal Kota Bandung. Komposisi tim pun dihuni oleh atlet-atlet yang berasal dari luar Kota Bandung.

    “Untuk komposisi tim, tidak hanya atlet asal Kota Bandung atau Bandung Raya saja. Ada juga atlet yang berasal dari Tasikmalaya, Bogor, dan Cirebon. Ini menunjukkan jika pembinaan softball di Jabar ini sudah mulai berkembang dan berjalan di kota kabupaten lain, tidak hanya tersentralisasi di kota Bandung atau Bandung Raya saja,” Achmad menegaskan.


    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img