spot_img
Kamis 16 Mei 2024
spot_img
More

    Keren! Expo Ke-21 Siswa SMP Negeri 1 Ciamis Tampil Epic Pamerkan Budaya Indonesia

    CIAMIS,FOKUSJabar.id: Keren, beragam kesenian budaya Indonesia ditampilkan dalam kegiatan Expo ke-21 SMP Negeri 1 Ciamis. bertajuk ‘Berpijak pada Kearifan Budaya Lokal Berwawasan Global’ para siswa kelas 9 tampil epic untuk memamerkan budaya di Indonesia.

    Selain menampilkan budaya, pada expo ke-21 siswa SMP Negeri 1 Ciamis juga menampilkan beragam kegiatan lain seperti teater, anssamble dan marching band.

    BACA JUGA: Atap Rumah Ating Herdiana Ambruk, Ini Penyebabnya

    Ketua Panitia, Agus Heryadi, mengatakan bahwa tema tersebut dipilih untuk mendukung visi misi sekolah dalam mengembangkan kreativitas serta inovasi pendidikan.

    “Expo ini merupakan langkah konkret untuk menyongsong visi dan misi SMPN 1 Ciamis. Melalui program ini, kami berupaya meningkatkan kualitas dan pelayanan pendidikan kepada masyarakat,” kata dia saat ditemui di SMP N 1 Ciamis, Rabu (10/1/2024).

    Agus menjelaskan, kegiatan tersebut menampilkan beragam seni, termasuk teater, ansambel, dan penampilan band dari siswa kelas 9. Dengan fokus pada kearifan budaya lokal, para siswa menggambarkan keragaman seni Nusantara sambil mengaitkannya dengan perspektif global.

    BACA JUGA: Arus Lalu Lintas di Pamarican Ciamis Kini Bisa Dilalui Kendaraan

    Menurutnya, expo SMPN 1 Ciamis itu bisa menjadi momentum bagi para siswa untuk mengeksplorasi dan mengekspresikan kreativitas mereka, sekaligus memperkuat nilai-nilai budaya lokal dalam wawasan global.

    “Kegiatan pembelajaran di sekolah tidak hanya akademik, untuk itu sekolah harus bisa tampil mandiri meningkatkan kinerjanya sendiri dengan mengakomodasi potensi sumber daya yang ada di sekolah dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan hasil belajar dan prestasi siswa,” jelasnya.

    Lebih lanjut, walaupun terkendala dengan sistem zonasi Agus menegaskan bahwa SMP Negeri 1 Ciamis akan terus berupaya melaksanakan kegiatan yang dapat mempertahankan kualitas dan prestasi baik dibidang akademik maupun non akademik.

    “Setelah adanya sistem zonasi ini kita semakin sulit mempertahankan prestasi tapi kita terus berusaha salah satunya yakni dengan menggelar kegiatan expo tahunan ini yang menampilkan seni rupa, nusantara, lomba-lomba, ekstrakurikuler sebagai implementasi kurikulum di sekolah,” pungkasnya.

    Sementara itu, salah satu siswa kelas 9 Alifian Asmara mengaku sangat bangga bisa menampilkan seni budaya Indonesia dalam kegiatan expo SMP Negeri 1 Ciamis ke-21 tersebut.

    “Tentunya bangga ya, saya dan teman-teman bisa menampilkan budaya Indonesia dihadapan adik kelas serta bisa ikut andil dalam kegiatan expo ini,” kata dia.

    Fian menjelaskan, untuk menampilkan beragam kesenian budaya Indonesia membutuhkan persiapan yang sangat matang dari mulai latihan hingga kostum harus dipersiapkan dengan matang.

    “Kami memiliki guru pembimbing yang membantu mempersiapkan dari mulai kostum, latihan penampilan itu dipersiapkan dalam waktu tiga bulan, ” ungkapnya.

    (Fauza /Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img