spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    6 Prajurit TNI Tersangka Penganiayaan Relawan Ganjar Telah Ditahan

    JAKARTA,FOKUSjabar.id: TNI resmi menetapkan enam prajuritnya yang terlibat penganiayaan tujuh relawan pasangan capres-cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, sebagai tersangka.

    Mereka telah ditahan sejak 30 Desember 2023 di Rutan Denpom 4/IV Surakarta sejak 30 Desember 2023.

    Keenam prajurit TNI itu yakni Prada Y, Prada P, Prada A, Prada J, Prada F, dan Prada M. 

    “Berdasarkan alat bukti yang terkumpul dan keterangan dari para terperiksa, penyidik Denpom IV/4 Surakarta telah mengerucutkan oknum prajurit pelaku penganiayaan menjadi enam orang,” ujar Kepala Penerangan Kodam IV/Diponegoro, Semarang, Kolonel Richard Horison, Selasa (2/1/2024). 

    BACA JUGA: Izin Kampanye AMIN di 6 Lokasi Tetiba Dicabut, Kenapa?

    Richard mengatakan, hingga kini penyidik Denpom IV/4 Surakarta masih terus bekerja secara intensif untuk mengungkap dan melanjutkan proses hukum. Selain itu, kata Richard, pihak TNI akan memastikan keadilan tetap ditegakan sesuai prosedur yang berlaku. 

    “Pomdam IV/Diponegoro memastikan bahwa proses hukum tetap berjalan transparan dan adil. Kodam IV/Diponegoro juga memberikan perhatian kepada pihak yang menjadi korban,” tutur dia, melansir IDN.

    Lebih lanjut, Richard juga mengingatkan penggunaan knalpot brong pada sepeda motor juga merupakan pelanggaran UU Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 285 ayat (1) jo Pasal 106 ayat (3).

    “Pelanggaran ini dapat dikenakan sanksi pidana paling lama satu bulan kurungan, dan dapat dikenakan denda maksimal Rp250 ribu,” kata dia.

    Namun, menurut sejumlah pihak pelanggaran lalu lintas sepatutnya ditertibkan polisi, bukan prajurit TNI. Total ada tujuh relawan Ganjar yang dianiaya prajurit TNI di depan Markas Kompi B Yonif Raider 408/Sbh, Jalan Perintis Kemerdekaan, Boyolali.

    Saat ini, mereka sedang dirawat di RSUD Pandan Arang, Boyolali. Capres Ganjar Pranowo yang menjenguk mereka pada Minggu lalu, 31 Desember 2023, mengatakan akan menanggung semua biaya perawatan rumah sakit.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img