spot_img
Rabu 15 Mei 2024
spot_img
More

    Tingkatkan Deteksi Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Kota Tasikmalaya Gelar Training of Trainer Para Saksi

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Tasikmalaya memastikan, pengawasan pelaksanaan pada Pemilu serentak 2024 mendatang terus dimantapkan dan diintensifkan.

    Sejumlah langkah pun dilakukan Bawaslu dalam mewujudkan pelaksanaan pemilu yang adil dan jujur dengan melakukan Traning of trainer (ToT) saksi Parpol bagi Panwaslu Kecamatan se-Kota Tasikmalaya, di Grand Metro Hotel, jalan H.Z. Mustafa Kota Tasikmalaya Jumat (22/12/23).

    BACA JUGA: Jelang Nataru 2024, Pj Wali Kota Pastikan Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Banjar Aman

    Pelatihan TOT, menghadirkan sejumlah narasumber dari Bawaslu RI dan Bawaslu Provinsi Jawa Barat, yang akan memberikan berbagai pemahaman dan pengetahuan terkait indikasi dan deteksi bentuk pelanggaran pemilu.

    Ketua Bawaslu Kota Tasikmalaya Zaki Pratama Sauri mengatakan, Bawaslu Kota Tasikmalaya berkewajiban dalam melakukan pembinaan dan pelatihan bagi para saksi parpol guna mengoptimalkan fungsinya.

    BACA JUGA: Putusan MK, Akhir Jabatan Bupati dan Wabup Berakhir Sesuai Masa Pelantikan, Bupati Ciamis: ‘Biasa Saja’

    “Saksi ini kan bagian unsur terpenting dalam mengurangi cela-cela pelanggaran pemilu, saksi ini perannya vital, dia menjadi refresentatif dari peserta pemilu yang menyaksikan proses pemungutan dan penghitungan suara di tingkat TPS,”ungkap Zaki Pratama kepada wartawan Jumat (22/12/23).

    Ia pun menuturkan, saksi ini sangat penting dan membantu dalam mewujudkan proses pemilu yang transparan, jujur dan adil.

    “Pelatihan training of trainer para saksi ini, setidaknya dapat memperluas pengetahuannya untuk memahami dugaan-dugaan pelanggan pemilu di TPS-TPS, apalagi nanti akan didampingi oleh pengawas TPS,”jelasnya.

    Pihaknya pun menegaskan, Bawaslu Kota Tasikmalaya, seribu persen siap melakukan tugas pengawasan pemilu serentak 2024 mendatang, demi mewujudkan pemilu yang damai, jujur, adil, dan bahagia.

    “Kami di Bawaslu Kota Tasikmalaya bersama jajaran Panwascam maupun Panwas Kelurahan, termasuk tim pemantau serta para saksi-saksi, akan mengoptimalkan kemampuan untuk mengawal dan mengawasi proses demi proses pemilu nanti supaya berjalan sesuai harapan dan menghasilkan pemimpin yang berkualitas,”paparnya.

    Zaki pun meminta, pihak-pihak peserta pemilu dapat menjunjung tinggi undang-undang Pemilu, tidak melakukan hal-hal yang dilarang dalam UU pemilu, sehingga proses pemilu pun berjalan kondusif.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img