spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Verdia Yosef Pimpin Akuatik Indonesia Jabar 2023-2027, KONI: Ulang Prestasi 2016

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: KONI Jawa Barat berharap cabang olahraga akuatik bisa kembali mengukir prestasi gemilang pada PON XXI tahun 2024 di Sumatera Utara dan Aceh. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana usai pelaksanaan Musyawarah Provinsi (musprov) Akuatik Jabar tahun 2023 di Elcavana Hotel, Jalan Pasirkaliki Kota Bandung, Kamis (21/12/2023).

    “Saat kita menjadi tuan rumah pada PON XIX tahun 2016, akuatik berhasil meraih 17 medali emas yang kemudian menjadi 10 medali emas pada PON XX di Papua. Hal ini terjadi karena mungkin peak performance atlet yang memang menurun sebagaimana yang terjadi juga di beberapa cabor lain,” kata Budiana.

    fokusjabar.id akuatik indonesia Jabar musprov
    Ketua Umum KONI Jabar, M. Budiana menyampaikan sambutan pada Musprov Akuatik Indonesia tahun 2023. (FOTO: Ageng)

    Kondisi tersebut, lanjut Budiana, secara bertahap mulai menunjukkan perbaikan menjelang pelaksanaan PON XXI sesuai dengan laporan dari pengurus provinsi cabang olahraga kepada Bidang Pembinaan dan Prestasi KONI Jabar. Termasuk di cabang olahraga akuatik berdasarkan hasil babak kualifikasi PON XXI yang sudah dijalani.

    “Berdasarkan hasil babak kualifikasi, di cabor akuatik yang memiliki lima sub cabor yakni renang, renang indah, polo air, loncar indah dan renang perairan terbuka menunjukkan kenaikan. Insha Allah dan kita berharap angka kenaikan ini bisa linier dengan hasil saat pelaksanaan PON XXI di September 2024 nanti,” Budiana menegaskan.

    fokusjabar.id akuatik indonesia Jabar musprov
    Foto bersama atlet pelatda PON XXI Jabar cabang olahraga Akuatik. (FOTO: Ageng)

    Untuk itu, pihak KONI Jabar sudah menyiapkan berbagai program dalam mendukung cabang olahraga meraih prestasi tertinggi saat PON XXI untuk pencapaian target Jabar Hattrick termasuk bagi cabor akuatik. Baik dukungan secara anggaran maupun dukungan fasilitas lainnya untuk memenuhi kebutuhan atlet maupun pelatih.

    “Termasuk untuk pelaksanaan try out dan try in, kita sudah menyiapkan programnya sehingga kita berharap prestasi 17 medali emas saat PON XIX tahun 2016 lalu bisa terulang kembali di tahun 2024 pada PON XXI. Tentunya dengan jajaran kepengurusan yang baru dengan semangat baru hasil musprov pada hari ini,” kata Budiana.

    fokusjabar.id akuatik indonesia Jabar musprov
    Ketua Umum Akuatik Indonesia Jabar terpilih masa bakti 2023-2027, Verdia Yosef. (FOTO: Ageng)

    Verdia Yosef sebagai Ketua Umum Akuatik Indonesia Jabar terpilih masa bakti 2023-2027 menyatakan siap menjawab tantangan tersebut. Berbagai program kerja untuk mendukung pencapaian prestasi di PON XXI menjadi salah satu pembahasan dalam kegiatan musprov Akuatik Indonesia Jabar tahun 2023.

    “Musprov hari ini diharapkan menjawab semua tantangan dengan menyusun program strategis dalam rangka menunjang Jabar Hattrick termasuk mendukung program PB Akuatik Indonesia yakni menuju prestasi dunia tahun 2032. Yang paling penting adalah fokus pada pencapaian prestasi di PON XXI tahun 2024 nanti,” kata Yosef.

    Untuk PON XXI, Yosef bertekad untuk mencapai target yang diharapkan KONI Jabar. Yakni meraih 20 persen medali emas dari total nomor yang dipertandingkan di cabang olahraga akuatik pada PON XXI.

    “Mengamankan target 20 persen dari sekitar 40-an nomor pertandingan itu antara 9 sampai 10 medali emas, tapi kita bertekad dan berupaya agar bisa melebihi itu. Kita siap mendukung target Jabar Hattrick pada PON XXI,” Yosef menegaskan.

    fokusjabar.id akuatik indonesia Jabar musprov
    Musprov Akuatik Indonesia Jawa Barat tahun 2023. (FOTO: Ageng)

    Pada Musprov Akuatik Indonesia Jabar tahun 2023, Verdia Yosef kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum masa bakti 2023-2027. Sebagai petahana, Yosef mendapat dukungan penuh dari 26 pengcab Akuatik Indonesia kota/kabupaten yang hadir pada pelaksanaan musprov.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img