spot_img
Kamis 16 Mei 2024
spot_img
More

    Siap Berikan Manfaat Lebih Besar Bagi Dhuafa, RBC Sinergi Foundation Bakal Bangun Klinik Utama

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Rumah Bersalin Cuma-Cuma (RBC) yang diinisiasi oleh Sinergi Foundation bertekad akan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi kaum dhuafa.

    Hal itu disampaikan CEO Sinergi Foundation Asep Irawan saat memperingati puncak perayaan milad BRC ke-19 yang bertajuk ‘Bukti Peduli Menjaga Generasi’ di klinik BRC Jalan Holis Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jabar Kamis (21/12/2023).

    BACA JUGA: Dinkes Kota Bandung Mencatat Dari 59 Orang Tekonfirmasi Covid-19, 14 Orang Masih di Rawat

    “Kedepannya kami akan membangun klink utama wakaf Ibu dan Anak di Soreang. Konteks membangun aset klinik ini basisnya dari dana masyarakat total dana kami membangun kurang lebih Rp20 miliar. Insya Allah catur wulan pertama kita akan mulai proses pembangunan di tanah seluas 2.000 meter,” kata Asep Irawan.

    Pihaknya berharap, dengan adanya klinik utama bisa memberi manfaat lebih besar bagi kalangan kurang mampu.

    BACA JUGA: KLB Askab PSSI Ciamis, Kadis DPKAD Asep Dedi Terpilih Jadi Ketum Melalui Vooter

    “Rencananya empat lantai termasuk basement karna jenis layanannya semakin luas karena izinnya klinik utama dia harus melibatkan empat dokter spesialis, dokter, spesialis anak, penyakit dalam dan lainnya,”ucapnya.

    Asep Irawan mengaku bersyukur di usia ke-19 tahun RBC memberikan layanan terbaik demi melahirkan generasi masa depan yang gemilang.

    “Setiap ibu dhuafa RBC berhak mendapatkan pelayanan sejak dari masa kehamilan, hari persalinan hingga anak berusia 2 tahun,” ungkapnya.

    Di usia yang ke-19 tahun RBC telah memfasilitasi  sebanyak 11.642 persalinan dan 248.478 layanan kesehatan telah disalurkan kepada 14.039 ibu hamil kalangan dhuafa.

    “Sejak 2004 Rumah Bersalin Cuma-Cuma sebuah klinik pratama gratis pertama di Indonesia mendedikasikan dirinya untuk membantu ibu hamil dhuafa melahirkan dengan aman dan nyaman berbasis dana infak, zakat dan wakaf di bawah naungan Sinergi Foundation,” ungkapnya.

    Sementara itu, Direktur Satuan Pengawas Internal (SPI) Ari Rahmani Purwandaru menyampaikan bahwa dalam dua tahun terakhir ada sekitar 1.400 member yang terdaftar di RBC.

    Lebih lanjut, Ari mengatakan bahwa pihaknya fokus membantu masyarakat miskin yang ada disekitar Cigondewah, Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat.

    “Jadi loyalotas pasien ke RBC temasuk cukup tinggi, ada juga pasienya yang tinggal di daerah Padalarang, sebetulnya daerah Padalarang sudah ada Puskesmas atau sarana lain,”kata Ari.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img