spot_img
Tuesday 30 April 2024
spot_img
More

    Jelang Nataru, Harga Kebutuhan Pokok di Kota Bandung Alami Penurunan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) harga kebutuhan pokok di kota Bandung mengalami penurunan harga. Saat ini harga cabai merah tanjung dan cabai rawit berkisar Rp. 80 ribu hingga Rp. 100 ribu per-Kilogram.

    Sedangkan telur ayam berkisar Rp27.000-Rp28.000. Beras Medium: Rp10.900 Daging Ayam: berkisar Rp32.000-Rp34.000, Daging Sapi: Rp130.000, Bawang Merah Rp40.00 Gula Pasir: Rp16.000.

    BACA JUGA: Datangkan Juri Internasional, HSS Series 5 Jakarta Targetkan 20 Ribu Pengunjung

    “Jika dibandingkan dengan harga komoditas beberapa pekan ke belakang, kami memantau adanya penurunan harga,”kata Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono saat meninjau harga komoditas pangan jelang Nataru di Pasar Sederhana Kota Bandung Jabar Kamis (21/12/2023).

    Bambang menyebut, Pemkot Bandung akan terus berupaya menjaga harga komoditas berada dalam posisi yang stabil dan memastikan ketersediaannya.

    BACA JUGA: Siap Berikan Manfaat Lebih Besar Bagi Dhuafa, RBC Sinergi Foundation Bakal Bangun Klinik Utama

    “Ada potensi kenaikan. Meski begitu, kami berupaya untuk menjaga harga pangan dan juga ketersediaannya dalam posisi aman,”katanya.

    Ia berharap, tren penurunan harga komoditas pangan ini dapat terus dipertahankan, agar dapat meningkatkan daya beli masyarakat.

    Selain itu, Pemkot Bandung memiliki laboratorium keamanan pangan, sehingga selain harganya relatif turun dan ketersediaannya mencukupi, pangan di Kota Bandung dipastikan aman dikonsumsi.

    “Mudah-mudahan dari beberapa sampling yang kita komunikasikan dengan para pedagang. Ini bisa terus berlanjut sehingga daya beli masyarakat bisa meningkat,” ujarnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Bandung, Elly Wasliah menyebut, tren harga komoditas pangan di Kota Bandung saat Nataru bisa dikatakan positif.

    Hal ini dinilainya merupakan hasil kolaborasi berbagai OPD di Kota Bandung. Mulai dari Disdagin Kota Bandung, DKPP Kota Bandung, serta Bulog.

    Adapun komoditas yang mengalami kenaikan seperti gula pasir dengan harga Rp16.000, hal itu dikarenakan harga acuan Bapanas yang mengalami peningkatan dari Rp14.500 menjadi Rp16.000.

    “Meski begitu, semua pasokan aman. Insyaallah sampai akhir tahun kita jaga agar tetap stabil,”kata.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img