spot_img
Sabtu 18 Mei 2024
spot_img
More

    Sidak ke DKP3, Sekda Kota Tasikmalaya Minta Optimalkan Lahan Pertanian Demi Menjaga Ketahanan Pangan

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar.id: Untuk memastikan ketersediaan pangan masyarakat Kota Tasikmalaya, Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Tasikmalaya diminta untuk melakukan sejumlah program untuk menjaga komoditas pangan.

    Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan Hasannudin, saat sidak evaluasi kinerja di Dinas Ketahanan Pangan Pertanian Dan Perikanan (DKP3) Kota Tasikmalaya, jalan Leuwidahu Kec. Cipedes Kota Tasikmalaya Selasa (19/12/23).

    BACA JUGA: Kemilau Bintang Sinetron, Hiasi Anniversary Ke-18 Demode Artist Management Tasikmalaya

    “Saat ini, sejumlah komoditas pangan masyarakat, mengalami kenaikan harga dipasaran, maka perlu ketersediaan stok pangan agar harganya dapat dikendalikan, sehingga tidak memberatkan masyarakat kita,”ungkapnya.

    Ia menjelaskan, optimalisasi program di DKP3, perlu dilakukan sebagai upaya untuk menjaga dan memelihara stok dan ketersediaan komoditas pangan khususnya di wilayah Kota Tasikmalaya.

    “Saya berharap, optimalisasi tugas DKP3 ini harus benar-benar ditingkatkan, Dinas ini kan memiliki tugas yang sangat signifikan, yakni berkait dengan ketahanan pangan dan pengendalian Inflasi di daerah,”jelas Ivan Dicksan.

    BACA JUGA: Tingkatkan Partisipasi Masyarakat dalam Penanggulangan Kebakaran, Redkar Kota Bandung Dikukuhkan

    Ia pun mendorong, sumber daya manusia (SDM) di DKP3 Kota Tasikmalaya betul-betul berkinerja optimal dalam mendukung upaya pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya dalam mengatasi permasalahan kemiskinan, ketersediaan pangan dan stabilitas inflasi.

    “Saya minta tenaga-tenaga penyuluh pertanian terus dimaksimalkan, mengoptimalkan fungsi lahan pertanian yang ada, termasuk mendorong masyarakat agar lebih optimal bertani, sehingga hasil pertanian lebih melimpah dengan demikian, ketersediaan dan ketahanan pangan pun akan terjaga,”terangnya.

    Sekda Ivan Dicksan lebih lanjut menambahkan, program Setaman Cinta (Sejuta Tanaman Pangan Cegah Inflasi Kota Tasikmalaya) yang launching beberapa waktu lalu, ini perlu dioptimalkan terus.

    “Setaman Cinta ini, kalau dilakukan secara berkesinambungan, akan mampu mencegah kenaikan harga dan inflasi pasalnya, program ini mendorong masyarakat untuk menanam komoditas pangan pencegah Inflasi seperti cabai merah, cabai rawit, bawang tomat dan lainnya,”imbuhnya.

    “Saya mendorong teman-teman di DKP3 ini, terus berinovasi guna memperkuat ketahanan pangan masyarakat, indentifikasi lahan-lahan miliki pemerintah yang kurang produktif. Silahkan libatkan masyarakat setempat maupun kelompok-kelompok tani untuk dimanfaatkan pertanian demi kepentingan pangan masyarakat,” pungkasnya.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img