spot_img
Monday 29 April 2024
spot_img
More

    Debat Capres Perdana, Timnas AMIN: Anies Tak Punya Beban Masa Lalu

    JAKARTA,FOKUSJabar.id: Tim Nasional Pemenangan Anies-Muhaimin (Timnas AMIN) memastikan calon presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan tidak akan alergi untuk mengangkat isu hak asasi manusia (HAM) pada debat capres pada Selasa (12/12/2023) malam. Termasuk, isu pelanggaran HAM masa lalu.

    Juru bicara Timnas AMIN, Angga Putra Fidrian mengatakan, Anies Baswedan merupakan capres yang tidak mempunyai beban masa lalu. Sehingga Anies tidak akan punya beban serius saat membahas materi HAM.

    “Anies Baswedan dan Gus Imin itu salah satu kandidat yang nggak punya beban masa lalu,” kata Angga di Sekretariat Timnas AMIN, Jl Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023).

    Selain capres dan cawapresnya, para tim yang tergabung dalam Timnas AMIN juga tidak ada satu pun yang punya beban masa lalu terkait pelanggaran HAM. Oleh karena itu, Angga mengaku percaya diri, Anies akan mampu menjawab dengan lancar semua pertanyaan panelis terkait HAM.

    BACA: Debat Capres Perdana, KPU Minta Capres Tak Alergi Angkat Pelanggaran HAM Masa Lalu

    “Nggak ada masalah sih, kita sudah, sikapnya pak Anies kaitannya dengan pelanggaran HAM sudah firm sih,” kata dia.

    Sebagai informasi, pada debat perdana nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusung tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

    Direktur Eksekutif SETARA Institute Halili Hasan berharap ketiga kandidat capres tidak alergi untuk menyampaikan gagasannya terkait penyelesaian pelanggaran HAM, termasuk pelanggaran yang terjadi di masa lalu.

    Menurut dia, isu HAM tidak boleh menjadi isu yang bersifat formalitas untuk diangkat pada debat perdana nanti. Halili mengatakan, berdasarkan data situasi HAM terutama hak sipil dan politik mengalami kemunduran jelang satu dekade pemerintah Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

    “Maka pendidikan hak asasi manusia bisa dilakukan melalui debat capres itu sehingga harusnya tidak ada istilah alergi terhadap isu hak asasi manusia dalam perdebatan capres,” kata dia.

    (Agung)

    Berita Terbaru

    spot_img