spot_img
Kamis 22 Februari 2024
spot_img
More

    Saung Angklung Udjo Gelar Angklung Groove Fest 2023

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Angklung Groove Fest 2023 sukses digelar di Bale Mandapa Saung Angklung Udjo Kota Bandung Jabar, Kamis (30/11/2023).

    Konser musika Angklung Pride merupakan acara tahunan yang dipersembahkan sebagai perayaan ditetapkannya Hari Angklung se-dunia oleh UNESCO pada November 2010.

    BACA JUGA:

    Kabupaten Garut Raih 3 Penghargaan Meritokrasi KASN

    Konser tersebut dimeriahkan Duo group blues Sarah n Soul, Kelompok musik Crossroad Vokalis Tiara Effendi dan legenda musik Fariz RM merangkai alunan nada berkolaborasi dengan puluhan musisi angklung Saung Angklung Udjo (SAU).

    Selain konser musik, Angklung  Groove Fest menyuguhkan kolosal angklung dan perkembangannya oleh Saung Angklung Udjo, Talkshow dari beberapa narasumber serta Intimate Dinner sebagai upaya membuka ruang interaktif dari penyaji (musisi dan pembicara).

    Pimpinan sanggar seni Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat Udjo mengatakan, Kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk melestarikan seni Angklung agar dapat hidup disetiap generasi.

    “Perhelatan Angklung Groove Fest 2023 merupakan sebuah bukti bahwa dengan tata kelola seni yang baik, seni tradisi nusantara akan terus memiliki daya saing dan dapat terus tumbuh ditengah gempuran pengaruh budaya global,” kata Taufik Hidayat Udjo pada keterangan tertulis, Jumat (8/12/2023).

    Taufik berjanji akan terus berkomitmen melakukan berbagai inovasi agar seni tradisi dapat terus hidup dan menghidupi para pelakunya.

    Hal itu dilakukan sebagai upaya Saung Angklung Udjo untuk dapat melestarikan seni Angklung agar dapat hidup disetiap generasi.

    BACA JUGA: Ini Caleg yang Dikampanyekan Pj Wali Kota Banjar

    Kegiatan ini mendapat dukungan dan apresiasi dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan kehadiran Deputy Pemasaran Kemenparekraf RI, Ni Made Ayu Martini.

    Menurut Ni Made Ayu Martini, upaya yang dirintis Udjo Ngalagena (alm) di SAU dapat menjadi sebuah Role Model dalam pengembangan tata kelola seni di Indonesia.

    Perlu diketahui, Rangkaian Angklung Pride 2023 sudah dilakukan sejak awal bulan November dengan berbagai materi kegiatan dan merangkul banyak komunitas.

    (Yusuf Mugni/Bambang Fouristian) 

    Berita Terbaru

    spot_img