spot_img
Minggu 19 Mei 2024
spot_img
More

    Panwascam Baleendah Siap Kawal Logistik Sesuai Aturan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Baleendah akan terus memantau pendistribusian logistik tahap pertama yang akan disalurkan KPU.

    Hal itu sesuai UU No 17/2017 tentang Pemilu, Perbawaslu No 5/2022 dan Perbawaslu No 12/2023, yakni tugas Panwascam melaksanakan pengawasan terhadap tahapan penyelenggaraan Pemilu.

    Adapun tahapan Pemilu yang harus diawasi, salah satunya logistik dan pendistribusiannya, dalam hal ini KPU Kabupaten Bandung.

    “Adapun pengadaan logistik tahap satu, yakni pada 1 September hingga November 2023. Tahap dua dilaksanakan 18 November hingga 14 Januari 2024,” kata Ketua Panwascam Baleendah Deden Abdul Malik di Bandung, Senin (4/12/2023).

    BACA JUGA: Panwascam Talegong Garut Gelar Press Release Publikasi

    Kemudian untuk tahapan sortir, lipat hingga distribusi surat suara ke Tempat Pemungutan Suara (TPS), dilakukan pada 15 Januari hingga 13 Februari 2024.

    Pihaknya memastikan bahwa Panwascam Baleendah siap melaksanakan pengawasan logistik sesuai ketentuan PKPU No 14/2023.

    Dalam tahapan ini, kami secara intensif melaksanakan pembinaan kapasitas SDM kepada jajaran Panwas kelurahan/desa (PKD) se-Kecamatan Baleendah, guna memaksimalkan pengawasan logistik,” kata Deden.

    Pihaknya juga terus membangun sinergi dan koordinasi dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) serta Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kecamatan Baleendah. Terlebih kaitannya dengan tahapan logistik yang tepat jumlah, tepat jenis, sasaran, waktu, tetap kualitas dan efisien.

    Kordiv P3S Dede Sholihin mengatakan bahwa Pemilu tidak bisa berjalan tanpa logistik. Sehingga pengawasan logistik ini sangat penting dan harus dilaksanakan dengan sangat baik.

    “Keberadaan logistik berdampak besar pada pelaksanaan Pemilu. Maka harus dipastikan tidak rusak saat pendistribusian,” Dede Sholihin.

    Adapun tata cara pengawasan, Kordiv HP2HM Shihabudin Ahmad menyebut dilakukan dalam dua tahap, yakni pra pengawasan dan pelaksanaan pengawasan.

    “Metode pengawasan ini dilaksanakan karena tahapan logistik Pemilu dan pendistribusiannya sangat penting dalam pelaksanaan Pemilu serentak 2024,” kata Shihabudin.

    (LIN)

    Berita Terbaru

    spot_img