spot_img
Rabu 21 Februari 2024
spot_img
More

    Sambut Hakordia, Pemkot Tasikmalaya Siap Wujudkan Zona Integritas Bebas Korupsi

    TASIKMALAYA,FOKUSJabar id: Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dickisan mengatakan, pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya terus berkomitmen untuk mendukung program pencegahan tindakan korupsi.

    Menurutnya Kepala OPD di lingkungan Pemkot Tasikmalaya dan semua perangkat daerah Kota Tasikmalaya  siap mewujudkan Akselerasi Good Governance dan Clean Government.

    “Semangat reformasi birokrasi dan transparansi pelayanan dan akuntabel, menjadi¬† bentuk upaya untuk mencegah pelanggaran hukum maupun tindakan korupsi lainnya,” saat gelar pengawasan daerah (Larwasda) dalam rangka memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) di Aula Bale Kota Tasikmalaya, Kamis (30/11/2023).

    BACA JUGA: Atasi Sampah Organik, Pemkot Bandung Bagikan 3.194 Kang Empos

    Ia menjelaskan, hari anti korupsi yang diperingati setiap 9 Desember setiap tahunnya, dapat menjadi evaluasi bagi seluruh penyelenggara pemerintahan di Kota Tasikmalaya, untuk menghindari praktek-praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

    “Tindakan pelanggaran hukum seperti perilaku korupsi dan pungli mampu dihindari bilamana semua berkomitmen untuk mewujudkan good governance dan clean government,” kata Ivan.

    Dirinya pun meminta optimalisasi tugas dan fungsi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) harus ditingkatkan dalam setiap pelaksanaan pengawasan.

    “Inspektorat sebagai pengawas internal Pemkot Tasikmalaya, mampu  melakukan pengawasan pemerintahan sesuai asas desentralisasi, dekonsentrasi dan tugas bantuan,” kata dia.

    Lebih lanjut Ivan mengatakan, inspektorat harus tetap menjaga kinerja dalam melaksanakan fungsi-fungsi pengawasan, agar mampu melakukan pencegahan pelanggaran hukum.

    BACA JUGA: Bawaslu Kota Tasikmalaya: Pelanggaran Sekecil Apapun Akan Diporses Hukum

    “Kita harapkan, inspektorat ini tidak hanya sebatas pengawasan, tapi mampu menjadi wadah komunikasi dan konsultasi para OPD, sehingga ada pemahaman dalam pencegahan korupsi dan pelanggaran hukum lainnya,” kata dia.

    Ia menambahkan, Kota Tasikmalaya siap mewujudkan daerah zona integritas wilayah bebas korupsi.

    “Semua OPD dan unit kerja dilingkungan Pemkot Tasikmalaya, kedepannya diusulkan sebagai zona integritas bebas korupsi dan bersih melayani,” kata dia.

    (Seda/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img