spot_img
Kamis 29 Februari 2024
spot_img
More

    Masuk Musim Penghujan, Dinkes Kota Bandung Minta Masyarakat Waspada Penyakit ISPA

    BANDUNG, FOKUSJabar.id: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) seperti flu dan batuk pada saat musim hujan.

    Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung Deborah Johana Rattu mengatakan, perubahan iklim saat ini sangat berpengaruh terhadap daya tahan tubuh.

    BACA JUGA:

    Pemerintah Beri Penghargaan Kepada Sembilan PNS Terbaik se-Jawa Barat

    “Di musim hujan masyarakat harus banyak mengosumsi sayuran, buah-buahan dan minum Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh,” kata Deborah di Balai Kota Bandung Jalan Wastukencana Jabar Selasa (28/11/2023).

    Deborah menyebut, salah satu upaya menjaga daya tahan tubuh. Goreng- gorengan dan minum air es adalah salah satu yang harus dihindari.

    “Kalau ada tanaman obat keluarga bisa digunakan misalnya jahe sereh. Sebenarnya mengurangi goreng gorengan dan minuman es serta istirahat yang cukup daya tahan tubuhnya bisa terjaga Tapi kalau dua hari masih enggak enak datang ke faskes,” katanya.

    Menurutnya, penyakit umum di masa peralihan cuaca saat ini adalah ISPA seperti flu dan batuk. Meski tidak merinci, penyakit ISPA di kota Bandung memang mengalami peningkatan.

    BACA JUGA:

    Naik Kelas, BJBR Juara ARA 2022 Kategori Perusahaan Go Publik Keuangan

    “Batuk pilek nyeri tenggorokan. Biasanya panas satu dua hari karena virus, ini karena daya tahan menurun. Tapi¬† kalau daya tahan tubuh bagus, biasanya dalam dua hari dapat sembuh dengan sendirinya,” ujarnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img