spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    KPU Kota Bandung: Pemilih Pemilu 2024, 53 Persen Gen Z

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: KPU Kota Bandung Jawa Barat (Jabar) mencatat jumlah pemilih muda mendominasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2024.

    Ketua KPU Kota Bandung, Suharti mengatakan, jumlah keseluruhan DPT Pemilu 2024 sebanyak 1.872.381 orang.

    BACA JUGA:

    Ini Syarat Mengmleng Bisa Pentas di Ciamis

    “Untuk Kota Bandung dengan 1.872.381 pemilih dan 53 persen pemilih generasi milenial atau sekitar 900 ribu lebih generasi Y and Z,” kata Suharti, Senin (27/11/2023).

    Suharti menyebut, dengan maraknya informasi di media sosial tentang Pemilu menjadi kemudahan bagi generasi Y dan Z.

    Meski dapat memudahkan akan tetapi informasi yang tersebar tersebut belum tentu akurat dan valid.

    Suharti mengimbau generasi muda jika mendapatkan informasi yang akurat dan uptodate tentunya follow akun resmi lembaga penyelenggara Pemilu.

    “Kita berharap generasi milenial tentunya menjadi pemilih yang bijak. Pemilih yang cerdas untuk menentukan pemilih wakil rakyat kedepan. Dengan jumlah yang banyak tentu menjadi modal yang paling berharga generasi milenial mampu menjadi bagian proses demokrasi,” kata Ketua KPU Kota Bandung.

    BACA JUGA:

    Tim Basket Putra Porpemda Ciamis Pulang Lebih Cepat

    Sementara itu, Program Manager Tular Nalar, Santi Indra Astuti mengatakan, edukasi politik jadi salah satu program yang saat ini terus digaungkan oleh tuna nalar terutama kepada kelompok-kelompok rentan di Pemilu mendatang.

    Menurutnya, kelompok rentan dalam Pemilu adalah pemilih pemula dan kelompok lansia. Maka dari edukasi kepada dua kelompok tersebut perlu dilakukan.

    “Kita menghadirkan KPU sebagai salah satu narasumber, karena memang ini adalah momen edukasi politik, tular nalar itu tujuanya menjangkau kelompok rentan. Dalam kontek politik yang rentan itu adalah pemilih pemula kemudian lansia,” ucapnya.

    (Yusuf Mugni/Bambang Fouristian)

    Berita Terbaru

    spot_img