spot_img
Sabtu 27 April 2024
spot_img
More

    Mengarungi Langit dengan Rute Penerbangan Terpendek di Dunia

    FOKUSJabar.id: Rute Penerbangan Terpendek di Dunia. Penerbangan telah mengubah cara kita menjelajahi dunia, menjadikan perjalanan jauh menjadi lebih singkat dan efisien. 

    Namun, tidak semua penerbangan untuk menghubungkan destinasi yang terpaut jauh. 

    Beberapa rute penerbangan malah menghubungkan tempat-tempat yang hanya terpisah beberapa kilometer, menawarkan pengalaman unik dalam perjalanan udara.

    Melansir papawestray.co.uk, salah satu rute penerbangan terpendek di dunia terletak di Skotlandia, menghubungkan dua pulau yang mungkin hanya beberapa langkah terpisah bagi penerbang. 

    Rute penerbangan ini menghubungkan Westray dan Papa Westray, dengan jarak sekitar 2,74 kilometer. 

    Namun, tidak semua penerbangan untuk menghubungkan destinasi yang terpaut jauh.

    Maskapai Loganair, penerbangan Orkney Interisland ini telah beroperasi sejak September 1967 dan mencatatkan diri dalam Guinness World Records sebagai penerbangan berjadwal terpendek di dunia.

    Waktu tempuh yang luar biasa singkat, kurang dari dua menit, membuatnya menjadi pilihan transportasi yang unik. 

    Bahkan, jika cuaca mendukung, pesawat bisa mendarat dalam waktu hanya 47 detik.

    Para penumpang yang menjelajahi langit-langit Skotlandia ini bahkan diberi penghargaan berupa sertifikat sebagai bukti bahwa mereka telah menjadi penumpang penerbangan terpendek di dunia.

    Baca Juga: Rahasia Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

    Meski pesawat ini hanya memiliki 10 tempat duduk, termasuk kursi pilot, minat yang tinggi terutama terjadi pada musim panas. 

    Pemesanan tiket harus dilakukan jauh-jauh hari untuk mendapatkan tempat. Alternatif lain untuk menyeberangi pulau ini adalah menggunakan perahu, yang meskipun lebih lama, tetap memberikan pengalaman perjalanan yang menarik selama 20 menit.

    Westray dan Papa Westray, selain terkenal dengan rute penerbangan terpendeknya, juga menyajikan keindahan alam dan warisan budaya masing-masing. 

    Westray menawarkan Kastil Noltland dan galeri Wheeling Steen, sementara Papa Westray menjadi rumah bagi situs bersejarah Knap of Howar, sebuah lahan pertanian Neolitikum yang populer.

    Selain Skotlandia, ada destinasi lain yang menyuguhkan penerbangan rute pendek yang tak kalah menarik. 

    Di Belize, Amerika Tengah, penerbangan dari San Pedro ke pulau Caye Caulker menempuh jarak 22 kilometer hanya dalam 5 menit. Alternatif perjalanan menggunakan feri juga dapat dinikmati dalam waktu 30 menit.

    Di Yunani, penerbangan dari Karpathos ke Kasos, yang berjarak 3,2 kilometer, menyajikan pengalaman udara selama 5 menit. Sementara naik feri memerlukan waktu sekitar satu jam. 

    Seiring teknologi penerbangan terus berkembang, rute-rute penerbangan singkat ini memberikan opsi yang menarik bagi mereka yang menginginkan petualangan cepat di udara.

    (Erwin)

    Berita Terbaru

    spot_img