spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Mulai Besok, Bandung Menanam Jilid V Bakal Tanam 210 Ribu Pohon Secara Serentak di 30 Kecamatan

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Memperingati Hari Pohon Sedunia, Pemerintah Kota Bandung kembali akan menggelar Bandung Menanam secara serentak di 30 kecamatan dan 375 kelompok Buruan Sae, Selasa 21 November 2023 besok.

    Pada Bandung Menanam Jilid V ini, akan ditanam 210.000 bibit pohon. Mulai dari cengek, cabai, buah-buahan, sampai kopi dan tembakau juga akan ditanam.

    BACA JUGA:

    Ribuan Peserta Ikuti Seleksi CASN Kota Bandung

    Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bandung, Gin Gin Ginanjar menyampaikan, Bandung Menanam akan serentak dilakukan pada pukul 07.00 WIB yang berpusat di SDN 245 Kota Bandung.

    “Tapi dilakukan juga serentak di sekolah-sekolah yang ada di 30 kecamatan dan 375 kelompok Buruan Sae. Kalau di kelompok Buruan Sae khusus menanam serentak tanaman sayuran terutama cabai dan cengek. Ini merupakan upaya kami untuk turut serta dalam pengendalian inflasi sesuai arahan Pj Wali Kota Bandung,”kata Gin Gin Senin (20/11/2023).

    Sedangkan di sekolah akan ditanam tanaman produktif tematik, seperti buah-buahan. Sehingga masing-masing kecamatan akan ditanami pohon yang berbeda-beda.

    BACA JUGA:

    Mulai Besok, Disnaker Kota Bandung Gelar Job Fair di Kiara Artha Park

    “Seperti buah mangga, rambutan, jambu dan lainnya. Ini merupakan upaya kami juga untuk penghijauan,” ucapnya.

    Gin Gin menyebut, bibit yang disebarkan berasal dari bantuan kolaborasi berbagai pihak, seperti Dinas Pertanian Provinsi, Kementerian Pertanian, Bank Indonesia, Kimia Farma, Kalbe dan lainnya.

    Menurutnya, pada kegiatan Bandung Menanam ini tidak mengeluarkan anggaran untuk bibit karena ada kerja sama dengan pihak lain.

    “Termasuk ada yang kita produksi sendiri di DKPP untuk sayuran,” katanya.

    Gin Gin mengungkapkan, Program Bandung Menanam tak hanya berjalan diawal penanaman. Untuk menjaga komitmen bersama, dilakukan pula penandatanganan komitmen untuk merawat dan melestarikan tanaman yang sudah ditanam.

    “Kita juga ada tim yang monitoring ke setiap titik kerja sama dengan kewilayahan. Tiap tiga atau enam bulan mereka harus melaporkan kepada kita perkembangan tanaman tersebut,”ungkapnya.

    Bahkan kata dia, pohon yang ditanam di tahun-tahun sebelumnya juga sudah banyak yang tumbuh, berbuah, dan dimanfaatkan masyarakat.

    Lebih lanjut Gin Gin mengatakan, selain tanaman sayuran, Bandung Menanam juga akan memberikan bibit untuk kelompok petani tembakau, kelompok petani kopi, dan petani hortikultura lainnya.

    “Sampai saat ini kita masih mempersiapkan semuanya. Pohon di kewilayahan sudah terdistribusi semua. Serentak bersamaan secara hibrid kita lakukan penanaman,”ujarnya.

    Gin Gin menambahkab, Minimal ada 50 bibit atau pohon di polybag yang ditanam pada masing-masing kecamatan. Namun, jika ada wilayah yang punya lahan lebih luas, DKPP siap memambahkan bibitnya.

    “Selain itu rencananya Pj Gubernur Jabar juga akan hadir karena selain menanam pohon, ada Pasar Tani juga yang disponsori provinsi,”pungkasnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img