spot_img
Sabtu 15 Juni 2024
spot_img
More

    Gelar Karya, SMPN 1 Mangunjaya Lombakan Pohon Literasi 

    PANGANDARAN,FOKUSJabar.id: SMPN 1 Mangunjaya Kabupaten Pangandaran Jawa Barat menggelar gelar karya. Salah satunya membuat pohon literasi.

    Koordinator Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Dian Purnamawati mengatakan, Pohon literasi ini hasil dari kegiatan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) kurikulum merdeka.

    Kegiatan P5 sebelumnya siswa-siswi SMPN 1 Mangunjaya membaca buku. Kemudian mereka diarahkan untuk menarik hikmah dari apa yang telah mereka dibaca. 

    BACA JUGA: Kelangkaan Angkutan Umum, Siswa SMP di Pangandaran Gunakan Motor Ke Sekolah

    “Nah, hikmah itu kemudian dikumpulkan lalu ditulis dibuatkan seperti daun atau bebas. Kemudian ditempelkan di pohon literasi. Sesuai dengan kreativitasnya,” kata dia saat di wawancarai Rabu, (15/11/2023) usai kegiatan gelar karya.

    Kata Dian, dari awal pihaknya tidak pernah memberi arahan untuk membuat bentuk pohon literasi. Melainkan semuanya murni dari hasil kreativitas anak-anak tersebut.

    “Mereka (Siswa-siswi) mencari referensi sendiri di dalam internet. Kemudian mereka berdiskusi bersama teman-temannya untuk menentukan pohon literasinya,” katanya.

    Dian menjelaskan, karya siswa ini yang ditampilkan siswa-siswi berbeda-beda.

    “Ada yang hanya kutipan saja, ada juga yang kutipan dan sampul bukunya. Kemudian Ada yang berupa quote yang ada pada buku yang telah dibacanya,” kata dia.

    Perlombaan pohon literasi hanya melibatkan kelas VII dan kelas VIII. Karena, kata dia, kelas tersebut yang sudah menggunakan kurikulum merdeka.

    BACA JUGA: Capai 173 Orang, Setiap Tahun Mengintas HIV/AIDS di Pangandaran Bertambah

    Sebagai informasi, kegiatan gelar karya P5 bertema “Dengan Membaca Kita Berdaya” telah dilakukan selama kurang lebih 8 pekan. 

    Kegiatan tersebut dilaksanakan di area lingkungan sekolah dengan tujuan untuk melestarikan dan menumbuhkan kegemaran membaca dan menulis. 

    (Sajidin/Anthika Asmara) 

    Berita Terbaru

    spot_img