spot_img
Jumat 3 Mei 2024
spot_img
More

    Lewat Kolaborasi, Pandawara Group Kembali Bersihkan Aliran Sungai di Kabupaten Bandung

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kelompok penggiat lingkungan Pandawara Group kembali membersihkan aliran sungai Taman Kota di Kampung Mulyasari Desa Baleendah Kabupaten Bandung Jabar Jumat (10/11/2023).

    Kegiatan yang diinisiasi oleh R1 by men berkolaborasi dengan Pandawara group tersebut menjadi salah satu upaya membersihkan sungai dari tumpukan sampah serta menumbuhkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan sungai.

    “Hari ini kita di support sama R 1 by men untuk mengkampanyekan aksi jadi pemenang kita beres-beres lingkungan yang ada di Kabupaten Bandung sama ratusan volunteer,” kata salah satu personel dari pandawara group Rafli.

    BACA JUGA: Kendalikan Harga, Disdagin Kota Bandung Bakal Gelar Pasar Murah

    Menurutnya, pembersihan sungai di dekat taman kota Baleendah ini bukan kali pertama.

    “Sebelumnya kita pernah bersihkan sungai ini cuman seperti biasa kita ada rutinan harus ceking, monitoring, pada setiap sungai yang pernah kita bersihkan. Kalau yang ini sudah ke empat kalinya dibersihkan,” katanya.

    Oleh karena itu, pihaknya mengajak kepada masyarakat agar lebih peka terhadap kebersihan lingkungan.

    “Buat warga Bandung tetap semangat terus harus lebih berguna lagi lebih bermanfaat lagi buat masyarakat luas,” ucapnya.

    Rafli menambahkan, sampah yang terdapat di sungai taman kota ini mayoritas sampah plastik.

    “Sampah dari sungai ini kurang lebih 45 sampai 50 tres beg,” ujarnya.

    Sementara itu, salah seorang pemilik jenama R1 by men, Iwa Wahyudin menyampaikan, Pandawara Group merupakan representasi kelompok muda yang melakukan aksi nyata untuk menghadirkan perubahan. Pasalnya, aksi tersebut menebarkan semangat peduli lingkungan di tengah masyarakat.

    “Kami dengan Pandawara Group memiliki kesamaan misi. Sama-sama concern (peduli) akan kebersihan dan kelestarian lingkungan. Menjaga kebersihan bisa dimulai dari sendiri. Hal itu merupakan langkah kecil untuk mencapai cita-cita besar, yakni kebersihan lingkungan secara menyeluruh,” kata pria yang akrab disapa Kang Iwa.

    Kang Iwa menyebut, untuk menjadi pemenang atau menggapai cita-cita besar tak perlu langsung melakukan hal besar atau fenomenal. Semua kalangan dapat memulai dari diri masing-masing.

    BACA JUGA: Bey Machmudin: Budaya Sunda Akan Terus Terjaga

    Saat disinggung terkait brand R1 by men, pihaknya  belum bisa menyampaikan gamblang perihal R 1 by men. Namun pihaknya mengaku bahwa brand R1 by men merupakan jenama milik dirinya bersama eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

    “Kami melakukan peluncuran pada Desember 2023. Informasi selanjutnya,  mari terus memperbarui informasi pada unggahan media sosial kami,” ucapnya.

    (Yusuf Mugni/Anthika Asmara)

    Berita Terbaru

    spot_img