spot_img
Kamis 25 Juli 2024
spot_img
More

    Kejuaraan Anggar Jabar Open Championship Kembali Digelar, 4 Negara Sudah Mendaftar

    BANDUNG,FOKUSJabar.id: Kejuaraan anggar tingkat internasional bertajuk ‘Jabar Open Championship’ kembali digelar Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Ikasi) Jawa Barat di HARRIS Hotel & Conventions Festival Citylink, Jalan Peta Kota Bandung, 13-16 November 2023. Total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp105 juta.

    Ketua Umum IKASI Jabar Asyanti Rozana Thalib mengatakan, pelaksanaan Jabar Open Championship merupakan agenda kejuaraan yang rutin digelar setiap dua tahun sekali. Pada gelaran ketiga kali ini, cakupan kejuaraan semakin luas dengan membuka kesempatan bagi atlet-atlet luar negeri ikut serta.

    “Target peserta sebanyak 350 atlet yang ikut serta dan hingga saat ini yang sudah resmi melakukan pendaftaran mencapai 280 atlet. Tidak hanya dari Jabar atau Indonesia, tapi juga dari luar negeri seperti Filipina, Singapura, Brunei Darussalam, dan Malaysia,” kata Asyanti saat ditemui di HARRIS Hotel & Conventions Festival Citylink, Jalan Peta Kota Bandung, Selasa (7/11/2023).

    fokusjabar.id Jabar Open Championship 2023 Anggar
    (FOTO: Istimewa)

    Asyanti menambahkan, Jabar Open Championship 2023 akan mempertandingkan seluruh nomor pertandingan untuk semua jenis senjata. Baik di sabre (sabel), foil (floret), maupun epee (degen).

    “Kita akan gelar semua nomor baik perorangan sampai beregu. Untuk kelompok usia yang dipertandingkan mulai dari KU 13 tahun hingga senior,” kata Asyanti.

    Pelaksanaan kejuaraan anggar ‘Jabar Open Championship’, lanjut Asyanti, merupakan salah satu upaya pihaknya untuk meningkatkan kemampuan sekaligus menambah pengalaman bertanding bagi atlet. Tidak hanya bagi atlet-atlet anggar Jabar tapi juga di Indonesia.

    “Melalui Jabar Open Championship, kita bisa melihat bagaimana kualitas atlet kita di Indonesia mulai dari kategori usia, junior hingga senior. Atlet anggar di Indonesia ini punya potensi baik dan kita asah melalui ‘jam terbang’ luar biasa dengan bartanding menghadapi atlet-atlet dari negara lain sehingga diharapkan kemampuan mereka bisa lebih meningkat,” Asyanti menuturkan.

    Selain bertujuan untuk pembinaan dan peningkatan kemampuan atlet anggar, Asyanti mengaku jika pelaksanaan Jabar Open Championship diharapkan mampu mendongkar sektor lain. Tidak hanya dari sisi perekonomian tapi juga sisi pariwisata di Indonesia, khususnya Jabar.

    “Melalui Jabar Open Championship ini kita berharap pariwisata di Indonesia, khususnya Jabar, bisa berkembang lebih baik. Kita bisa mengenalkan pariwisata di Jabar yang memiliki potensi luar biasa terutama keindahan alamnya kepada warga internasional melalui kejuaraan anggar ini,” Asyanti menegaskan.

    (Ageng)

    Berita Terbaru

    spot_img